Aduh Bahaya Banget, Toyota Camry Ini Dipakai Angkut Kulkas!

Berita Otomotif

Aduh Bahaya Banget, Toyota Camry Ini Dipakai Angkut Kulkas!

SYDNEY – Kita harus selalu melihat kecocokan jenis kendaraan dengan barang yang diangkut. Jika tidak, nasib kita bisa seperti pemilik Toyota Camry di Australia ini.

Pemilik Camry yang tidak disebutkan namanya tersebut, menurut Carscoops dengan mengutip dari Facebook polisi lalu lintas New South Wales Australia, disetop aparat yang berpatroli pada akhir Mei 2021 kemarin. Ia dianggap membahayakan para pengguna jalan lain karena mengikat kulkas pada bagian belakang mobil.

“Polisi yang bertugas memberhentikan kendaraan, lalu berbicara dengan petugas. Dalam inspeksi, polisi menemukan setelan pengikatan yang sangat buruk serta berbahaya untuk kulkas besar di bagian luar – belakang sedan,” tulis mereka dalam akun FB ‘Traffic and Highway Patrol Command – NSW Police Force.

Tentu saja, sang pemilik langsung ditilang oleh polisi.

Toyota Camry angkut kulkas di Australia

Dari foto – foto yang ada, terlihat pengemudi Camry mengangkut kulkas besar tersebut dengan tali-tali kecil yang saling dikaitkan kemudian diikatkan pada rangka pintu.

Tali – tali tersebut tampak amat ringkih menahan bobot kulkas. Terlebih, cara mengikatnya juga tidak aman sehingga menimbulkan potensi kulkas bergeser-geser lalu jatuh saat mobil berbelok ke kiri atau ke kanan.

Untuk mencegah lecet karena mengangkut kulkas, ditaruhlah kain tebal dan panjang berwarna biru gelap sebagai alas.

Tidak dijelaskan, dari mana dan sudah sejauh apa pemilik Camry nahas tersebut mengangkut kulkas. Beruntung, polisi patroli menemukan dan menghentikannya sebelum terlambat.

“Muatan yang berbahaya serta tak aman adalah risiko insiden bagi para pengguna jalan lain maupun pejalan kaki. Ketika mengangkut furnitur, barang besar, alat olahraga yang berat, maupun perangkat – perangkat lainnya dengan mobil atau kendaraan logistik, mohon pastikan caranya sudah aman serta sesuai dengan Peraturan Lalu Lintas (Road Rules) 2014,” pesan polisi.

Tentu saja, jika barang yang mau dibawa sangat tidak wajar untuk dibawa dengan kendaraan pribadi yang kita miliki, sebaiknya membayar jasa angkutan logistik. Memaksakan diri karena alasan apa pun tampaknya tidak tepat karena kita ‘membawa bahaya’ bagi orang – orang yang melintasi jalur yang sama dengan kita [Xan]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar