8 Manufaktur Mobil yang Belum Punya Produk Crossover

Berita Otomotif

8 Manufaktur Mobil yang Belum Punya Produk Crossover

LONDON – Perkembangan mobil jenis crossover atau SUV kian marak hampir di seluruh dunia. Beberapa pabrikan berlomba-lomba melahirkan mobil jenis ini.

Kendaraan jenis ini mempunyai kemampuan mumpuni di jalanan aspal, namun asyik dibawa ke lintasan berbatu atau tanah. Ground clearance tinggi menjadi andalan mobil tersebut. Meskipun pasarnya cukup seksi, beberapa pabrikan belum tertarik bermain di segmen tersebut.

Contohnya 8 kendaraan berikut ini. Meski belakangan model crossover bisa menjadi volume maker, namun mereka belum bergeming. Rata-rata mereka bermain di kelas sportscar hingga hypercar, menciptakan kendaraan sebagai pemecah rekor kecepatan sepertinya masih menjadi fokus utamanya.

Aston Martin
Brand mobil dari Inggris ini belum mempunyai unit jenis crossover maupun SUV. Mereka telah menunjukkan kendaraan konsep berjenis tersebut beberapa waktu silam. Namun belum jelas kapan model crossover Aston Martin diluncurkan.

Bugatti
Produsen mobil berperforma nan mewah ini tampaknya belum berencana untuk merilis model SUV maupun crossover. Kendati sister company mereka (Bentley) telah memiliki kendaraan dua alam tersebut.

Chrysler
Hingga saat ini, Chrysler baru mempunyai 3 model yang dipasarkan yaitu 200, 300 sedan dan Pasifica minivan. Model terakhir disebut sering dikait-kaitkan memiliki basis yang sama dengan Crossover. Namun ground clearance Pasifica masih jauh dari ideal segmen mobil tersebut.

Ferrari
Brand legendaris dari Italia ini nampaknya merupakan salah satu brand yang tidak tertarik mengukuti perkembangan pasar. Di bawah bendera FCA, Sergio Marchionne mengatakan bahwa pihaknya ingin menjaga tradisi Ferrari sebagai produsen mobil berperforma.

Lotus
CEO Lotus pernah mengatakan jika Lotus akan tetap setia dengan sports car. Crossover dianggap tidak sesuai dengan filosofi Lotus. Namun dirinya tidak menutup kemungkinan akan membuat sebuah crossover yang super ringan dan sangat menyenangkan.

McLaren
Salah satu brand yang konsisten tidak akan membuat crossover adalah McLaren. Pihaknya dengan tegas tidak ingin terpengaruh dengan trend pasar saat ini. McLaren bergabung dengan Ferrari dan Bugatti yang tidak akan pernah membuat crossover.

Ram
Satu lagi brand di bawah FCA Group yang konsisten tidak akan membuat mobil jenis crossover adalah Ram. Mereka komitmen dengan hanya memproduksi van dan truck.

Smart
Manufakktur satu ini identik dengan mobil mungil perkotaan. Meskipun mereka mempunyai produk berpintu empat, namun model tersebut belum bisa dikaitkan dengan crossover. Pihaknya dikabarkan tengah mempertimbangkan untuk ikut serta di segmen tersebut.

Disamping brand-brand tersebut di atas, produsen mobil yang berencana untuk melahirkan model sejenis adalah Genesis, Lamborghini dan Rolls-Royce. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual