6 Tips Agar Konsentrasi Terus Terjaga Saat Mengemudi

Panduan Pembeli

6 Tips Agar Konsentrasi Terus Terjaga Saat Mengemudi

JAKARTA - Fokus atau perhatian yang teralihkan saat mengemudi menjadi salah satu pemicu kecelakaan lalu lintas. Ada beberapa benda dan kebiasaan yang paling disering dianggap dapat memecah konsentrasi Anda saat berkendara.

Saat ini, faktor-faktor yang menyebabkan perhatian pengendara terganggu makin banyak. Seperti misalnya mengutak-atik smartphone atau berbagai fitur hiburan di dalam mobil yang terkoneksi--lagi-lagi--dengan gadget tersebut.

Karena itulah, GEM Motoring Assist, organisasi asal Inggris yang menaruh perhatian pada keselamatan berlalulintas, memberikan tips untuk tetap fokus ketika berada di balik setir kemudi. Berikut enam cara yang mereka beritahu, seperti dikutip dari Motor1 pada Rabu (18/9/2019).

1. Biarkan Smartphone ‘Beristirahat’
Setiap hari, Anda pasti sudah amat sering memegang smartphone Anda. Biarkanlah benda itu ‘beristirahat’ saat Anda mengemudi. Jauhkan smartphone dari jangkauan untuk menghindari godaan. Aktifkan mode senyap. Ingat: interaksi saat smartphone ketika mengemudi hanya boleh dilakukan dalam keadaan darurat dan sebaiknya mobil dalam kondisi berhenti.

2. Lihat Rute Sejak Awal
Aplikasi navigasi dari smartphone maupun yang terintegrasi dengan mobil memang amat membantu. Tapi, sebaiknya rencanakan dan amati rute sebelum perjalanan sehingga Anda lebih familiar dengan situasi jalanan dan bersiap-siap untuk setiap kelokan yang ada. Ini penting apalagi jika navigasi tersebut masih harus dilihat di layar smartphone yang relatif kecil.

3. Atur Playlist Musik Sebelum Mengemudi
Saat ini, makin banyak yang mendengarkan musik di dalam mobil dari sumber-sumber eksternal, seperti misalnya dari Spotify. Jika memungkinkan, pikirkan serta atur playlist lagu yang sedang ingin Anda dengar sepanjang perjalanan sejak sebelum mengemudi. Pasang volume yang tidak terlalu keras agar Anda masih bisa mendengar suara-suara dari jalan raya.

4. Makan Itu di Meja Makan
Jangan mencampuraduk aktivitas sarapan, makan siang, atau makan malam dengan mengemudi. Jika itu Anda lakukan, tangan Anda tidak akan 100 persen sigap dan mata Anda pasti tidak sepenuhnya fokus. Apalagi makanan itu cukup merepotkan dan berpotensi meninggalkan remah-remah atau berceceran ke interior mobil. Dalam perjalanan jauh, rencanakan istirahat untuk sekadar mengudap atau minum.

5. Tetaplah Segar dan Waspada
Perjalanan jauh sering membuat Anda bosan, lalu membuat fokus saat menyetir berkurang. Salah satu cara menghindari kebosanan dan tetap segar ada istirahat 15 menit setiap 2 jam atau 160 km. Pada saat itu, minumlah air putih atau kopi serta berjalan-jalan kecil.

6. Buat Penumpang Sibuk atau Manfaatkan Mereka
Salah satu faktor eksternal yang bisa membuat fokus teralihkan adalah penumpang lain. Apalagi jika mereka bisa kanak-kanak. Buatlah mereka sibuk dengan meminta mereka melakukan berbagai hal mengasyikkan seperti misalnya bernyanyi atau main tebak-tebakan dalam perjalanan jauh. Bisa juga mengajak mereka berdiskusi. Jika usia mereka sudah cukup besar, manfaatkan mereka untuk menjadi ‘mata tambahan’ bagi Anda. Ini juga akan membantu melatih mereka lebih waspada sejak dini saat berada dalam mobil. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support