5 Kelebihan Hyundai Stargazer Essential, Bikin Toyota Avanza Kalah Menarik

Panduan Pembeli

5 Kelebihan Hyundai Stargazer Essential, Bikin Toyota Avanza Kalah Menarik

 

PT Hyundai Motors Indonesia selaku agen pemegang merek Hyundai pada Juli lalu merilis varian Essential sebagai pengganti tipe Trend dalam keluarga Stargazer. Terdapat delapan fitur baru yang jadi kelebihan Hyundai Stargazer Essential untuk bersaing di segmen Low MPV. 

Hyundai Stargazer Essential dijual dengan harga Rp258.800.000 untuk tipe manual dan Rp272.500.000 untuk tipe IVT. Posisi harga untuk varian transmisi otomatis di Stargazer Essential sama persis dengan harga Toyota Avanza G CVT. Sedangkan untuk varian transmisi manual Stargazer Essential hanya lebih mahal sejuta daripada Avanza G manual. 

Dengan harga setara Avanza, apa saja kelebihan pada sosok Hyundai Stargazer Essential yang membuatnya lebih menarik untuk sebuah mobil keluarga? Berikut ini ulasannya. 

1. Hyundai Stargazer Tenaga Mesinnya Termasuk Paling Besar

Bicara soal performa tenaga yang dihasilkan, maka Stargazer ini boleh jumawa. Pasalnya, tenaga mesinnya termasuk yang paling besar di segmen low MPV, hanya kalah dari Mobilio yang kini cuma dijual fleet. 

Bila diurutkan secara keseluruhan, maka tenaga Stargazer ini ada di posisi kedua di bawah Mobilio. Artinya, tenaga Stargazer unggul dari Xpander, Ertiga, Avanza hingga Xenia. 

Pada Stargazer facelift masih mempertahankan mesin Smartstream G1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC, yang memproduksi tenaga 115 Ps pada 6.300 rpm dan torsi maksimal sampai 143,8 Nm pada 4.500 rpm.

Pada Stargazer Essential tersedia opsi transmisi manual 6-percepatan dan otomatis Intelligent Variable Transmission (IVT). 

Lebih lanjut, Hyundai Stargazer Essential IVT juga sudah memiliki 4 pilihan Drive Mode seperti pada tipe Style dan Prime. Fitur ini memberikan pengemudi keleluasaan dalam memilih respon mesin sesuai karakter berkendara.

2. Penampilan Eksterior Hyundai Stargazer Essential Serupa Tipe yang Paling Tinggi 

Pada versi facelift, Hyundai Stargazer Essential punya penampilan serupa dua tipe diatasnya. Pada sisi muka terpasang headlamp LED dengan Multi Focus Reflector (MFR) dengan DRL. 

Lampu belakangnya juga telah menggunakan LED + Bulb Combination Lamps yang juga digunakan pada dua tipe diatasnya yaitu Style dan Prime.

Eksterior Stargazer Essential juga dipercantik dengan tambahan skid plate pada bagian depan dan belakang dan front radiator grill berwarna hitam. Kemudian untuk rodanya memakai velg alloy 16 inci single tone. Ukurannya serupa dengan Style dan Prime, namun berbeda pada desain palang dimana versi Essential masih polosan.

3. Fitur di Interior Hyundai Stargazer Essential Semakin Beragam

Varian Essential kini telah dilengkapi Telescopic Steering yang memungkinkan pengguna mengatur posisi setir demi mendapatkan posisi mengemudi yang lebih rileks agar tidak cepat lelah.

Tipe menengah di Stargazer ini telah memiliki Day/Night Insight Rear View Mirror yang bisa diatur sesuai waktu berkendara untuk mendapat tampilan yang lebih jelas. Jenis kaca ini dapat mengurangi cahaya dari kendaraan di belakang saat malam hari. 

Kemudian, Outside Rear View Mirror dari Stargazer Essential pun sudah elektrik, jadi bisa diatur dengan lebih mudah oleh pengemudi.

Hyundai Stargazer Essential juga unggul soal fiturnya yang melimpah di segmen low MPV. Mulai dari Hill-Start Assist Control (HAC) di varian transmisi IVT, yang bisa mencegah kendaraan mundur saat menyalakan mesin dari posisi berhenti di tanjakan. 

Kemudian, Hyundai Stargazer Essential juga mendapat fitur Electronic Stability Control (ESC), Brake Assistant System (BAS), dan Vehicle Stability Management (VSM). Terdapat fitur Tire Pressure Monitoring System (TPMS) untuk membantu memantau kondisi angin pada ban mobil yang bisa dipantau melalui menu MID. 

Stargazer Essential tipe IVT juga sudah dilengkapi fitur Remote Start untuk menyalakan mobil dari jauh. Bahkan, kaca juga bisa dinaikturunkan melalui kunci tersebut.

4. Penampilan di Interior Hyundai Stargazer Essential Makin Modern


Pada facelift di bulan Juli lalu, pihak Hyundai juga turut memberikan penampilan baru pada interior termasuk pada Stargazer Essential. Mulai dari dashboard baru, dengan frame speedometer yang lebih ringkas, dengan aksen Piano Black.

Selanjutnya pada sisi pengemudi telah dilengkapi Supervision Color TFT LCD Cluster 4,2 inci yang mampu memberi informasi seputar kendaraan.

Kemudian fitur multimedia didukung head unit Touch Display Audio 8 inci dengan USB Multimedia Port, Bluetooth, serta dukungan Wireless Phone Connectivity untuk Android Auto dan Apple Carplay. Hyundai Stargazer Essential sudah memiliki ambient lighting di beberapa titik, utamanya pada cup holder.

5. Memiliki Banyak Ruang Penyimpanan

Sebagai sebuah mobil keluarga, keberadaan konsol penyimpanan jadi hal yang cukup krusial saat bepergian jarak jauh. Pada aspek ini, interior Stargazer Essential memiliki lebih dari 20 tempat penyimpanan. 

Terdapat center console storage dengan sandaran tangan dan cup holder, phone holder bagi penumpang di baris kedua, serta cup holder dan bottle holder di sisi pintu. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan luggage board yang memaksimalkan penataan barang dan ruang penyimpanan.

Untuk mengangkut barang bawaan dengan ukuran besar, bisa disimpan di bagasi dengan kapasitas 200 liter di belakang baris ketiga. Bila kurang besar, bagasinya bisa diperluas menjadi 585 liter di belakang baris kedua (dalam kondisi baris ketiga dilipat).

Kesimpulan

Sebagai model yang diluncurkan paling akhir di segmen low MPV, Hyundai Stargazer berusaha jadi produk yang paling lengkap bila dibandingkan kompetitornya. Berbagai fitur fungsional jadi nilai lebih untuk sebuah tipe menengah.

Itulah mengapa oleh pihak Hyundai, tipe ini ganti nama, dari yang awalnya Trend kemudian dinamai Essential. Ini karena seluruh fitur dasar sebuah mobil keluarga tersedia di Stargazer Essential ini.



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang