26 Ribu Mitsubishi Xpander Laku Selama Masa Diskon PPnBM 100%

Berita Otomotif

26 Ribu Mitsubishi Xpander Laku Selama Masa Diskon PPnBM 100%

JAKARTA – Diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) 100 persen diakui mendorong daya beli kendaraan di tengah pandemi Covid-19. Penjualan Mitsubishi Xpander maupun Xpander Cross juga terbantu.

Presiden Direktur PT. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Naoya Nakamura mengapresiasi pemberian insentif PPnBM kepada industri otomotif sejak Maret 2021.

Menurut dia, ini adalah upaya berkelanjutan dari pemerintah untuk memulihkan perekonomian nasional yang diterpa pandemi sejak akhir kuartal satu 2020.

“Insentif PPnBM 100 persen yang diimplementasikan pada periode sebelumnya terbukti dapat meningkatkan daya beli masyarakat dan penjualan industri otomotif di tengah kondisi pandemi,” ucap dia dalam keterangan resmi yang diterima Mobil123.com pada akhir pekan lalu.

Sebagai informasi, insentif 100 persen ditujukan bagi mobil-mobil 1.500cc ke bawah rakitan dalam negeri dengan komponen lokal minimal 60 persen. Adapun periodenya adalah Maret-Agustus kemarin.

Mulai September sampai Desember, insentif dikurangi menjadi 25 persen dari tarif PPnBM normal. Saat ini sebenarnya pelaku industri dan Kementerian Perindustrian sedang mengajukan perpanjangan pembebasan PPnBM, tapi Kementerian Keuangan belum mengumumkan persetujuan mereka.

Mitsubishi Xpander Cross

Mitsubishi merupakan salah satu merek yang berhak menerima ‘hadiah’ tersebut. Adapun modelnya, ialah Xpander serta Xpander Cross.

“Pemberlakuan insentif PPnBM 25% kami harapkan menjadi sinyal positif. Di mana kegiatan perekonomian masyarakat berangsur pulih yang diikuti kembali menguatnya daya beli masyarakat, serta menjaga antusiasme pasar,” pungkas Nakamura.

Sebenarnya, ada lagi insentif PPnBM untuk mobil-mobil 1.501-2.500cc dengan besaran insentif berbeda mulai April sampai Desember. Namun, tidak ada satu pun model Mitsubishi yang memenuhi syarat mendapatkannya.

Penjualan Mitsubishi Xpander Maret-Agustus 2021

Mitsubishi Xpander

Harga Xpander serta Xpander Cross turun antara Rp14-18 jutaan selama masa insentif PPnBM 100 persen yang lalu. Beberapa puluh ribu Xpander dan Xpander Cross terjual, menurut klaim dari pabrikan otomotif berlogo tiga berlian ini.

“Selama 6 bulan pemberlakuan insentif PPnBM 100% (Maret – Agustus 2021), Xpander dan Xpander Cross telah terjual lebih dari 26.000 unit (data penjualan retail),” tulis Mitsubishi dalam pernyataan pers.

Sepanjang periode diskon PPnBM 25 persen sendiri, penurunan banderol duo Xpander tak sebesar sebelumnya. Pemangkasan harga cuma antara Rp3,44-4,46 juta dari harga normal. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar