Yamaha XMAX 250 Terbaru, Punya Fitur Anti Nyasar

Berita Otomotif

Yamaha XMAX 250 Terbaru, Punya Fitur Anti Nyasar

JAKARTA - Yamaha XMax terbaru diluncurkan di Indonesia Motor Show (IMOS) 2022, hadir dengan tampilan yang lebih agresif dan tetap pertahankan desain khas Xmax.

Terakhir mendapat penyegaran pada tahun ini hanya dari sisi warna saja. Lalu sekarang apa saja yang berubah?

Kita mulai membahas pada bagian depannya terdapat windshield berwarna transparan tetapi untuk pengaturannya naik turunnya masih manual tidak seperti Honda Forza.

Di sebelah windshield terdapat lampu sein, jika sebelumnya lampu sein tersebut berada di bawah dekat lampu utama.

Lalu bergeser ke lampu utamanya, sedikit berubah desainnya jika sebelumnya lampu utama dua buah di kiri kanannya, dan terdapat lampu kota ditengah-tengahnya.

Kini lampu kota tersebut menjadi dua buah DRL, jika dikombinasikan dengan lampu utama desainnya seperti huruf X, tentunya semua lampu sudah berteknologi LED.

Lanjut ke bagian kaki-kaki masih menggunakan desain velg yang sama. Dibalut dengan ban depan berukuran 120/70 ring 15 inci ban belakang 140/70 ring 14 inch.  

Fitur Yamaha XMax Terbaru

yamaha xmax terbaru

Sektor pengereman juga masih sama menggunakan cakram depan ber kaliper dua piston dan dibagian belakang satu piston berteknologi ABS.

Lalu untuk peredam kejut di bagian depan berjenis teleskopik yang memiliki ukuran seperti motor sport dengan tujuan memberikan peredaman yang maksimal.

Kemudian di bagian peredam kejut belakang mendapat upgrade yaitu dilengkapi pengaturan preload 5 tingkat yang dapat disesuaikan dengan bobot pengendara.

Di belakang ban depan terdapat radiator dan kiprok sehingga angin yang lewat dapat langsung mengurangi panas dari komponen ini.

Beralih kebagian yang mendapat update besar yaitu panel cluster, Xmax terbaru terdapat dua buah layar pertama untuk menampilkan informasi mengenai kecepatan, bensin dan odometer.

Sedangkan panel cluster di bawahnya, dapat menampilkan banyak informasi yang dapat diatur manual oleh penggunanya, sesuai yang kita butuhkan.

Informasi yang dapat ditampilkan seperti:

  • Tachometer,
  • Rata-rata kecepatan
  • Rata-rata konsumsi bahan bakar
  • Waktu berkendara
  • Suhu Udara
  • Suhu air radiator
  • Tegangan Aki
  • Peta
  • Musik
  • Pemberitahuan yang tersambung ke smartphone Anda
  • Cuaca

Untuk menghubungkan antara layar Xmax ini dengan Smartphone Anda dibutuhkan aplikasi Y-Connect yang dapat di download di App store dan Play store.

Ketika sudah terhubung layar tersebut dapat menampilkan pemberitahuan ketika ada yang menelpon dan mengirim pesan ke Anda.

Pada bagian stangnya tetap menggunakan model yang tertutup covernya sehingga lebih rapi dan khas keluarga Maxi Yamaha, sisi kanan ada tombol engine cut off, starter dalam 1 tombol lalu dibawahnya ada tombol Hazard.

Tenaga Yamaha XMax Terbaru

yamaha xmax terbaru samping

Di sisi kiri terdapat banyak sekali tombol mulai dari pengaturan lampu jauh dekat, lampu sein, klakson, dan 4 tombol untuk pengaturan layar.

Di bawah stang terdapat Smart key serta tombol pembuka bagasi dan konsol sebelah kiri yang tersusun rapih.

Konsol sebelah kiri yang dapat dikunci terdapat power outlet berkapasitas 12 volt, yang dapat digunakan untuk mengisi daya smartphone namun harus menggunakan adaptor tambahan.

Xmax ini memiliki kapasitas bahan bakar yang dapat menampung sampai 13 liter cukup besar hampir 2 kali lipatnya kapasitas bahan bakar Yamaha Nmax.

Beralih ke bagian Jok Xmax, terdapat dua jenis bahan yaitu bahan yang bertekstur kasar untuk pengemudi sedangkan tekstur halus untuk penumpang ber embos “Xmax”.

Di bawah jok terdapat bagasi yang sangat besar berkapasitas 44,9 liter yang dapat menampung 2 buah helm, jas hujan dan toolkit.

Pada bagian belakang lampu belakangnya terdapat perbedaan dengan generasi sebelumnya terdapat DRL dibawah lampu seinnya dan penambahan aksesoris lampu kucing yang biasanya digunakan skuter eropa.

XMax 250 dibekali dengan mesin berkapasitas 250 cc pendingin cairan, 4 stroke, SOHC, 4 valve yang menghasilkan tenaga 16.8 kW / 7000 rpm dan torsi 24.3 Nm / 5500 rpm.

Fitur Yamaha  Xmax 250 2023

yamaha xmax terbaru belakang

Fitur yang disematkan pada skuter premium ini cukup banyak seperti ABS yang memberikan kontrol maksimal sehingga menghindari roda mengunci saat melakukan rem mendadak.

Kemudian ada Traction Control System yang memiliki fungsi untuk menjaga agar ban belakang tidak selip di kondisi jalan basah atau licin.

Lalu ada fitur Navigation System yang dapat memberikan informasi berupa peta yang memudahkan Anda ketika melewati jalur baru sehingga tidak perlu bolak balik membuka aplikasi peta pada smartphone.

Smart Key seperti hampir kebanyakan skuter premium dari Yamaha dibekali dengan Smarkey dan Answer back system sehingga memudahkan mencari kendaraan pada saat diparkiran.

Maxi Skuter ini tersedia dalam 4 pilihan warna yaitu:

  • Dark petrol
  • Luxury Red
  • Premium Black
  • Prestige Grey.

Untuk harga Xmax 250 2023 ini dibanderol seharga Rp66 juta on the road jakarta selisih 4 jutaan dari Xmax lama yang dibanderol Rp62 juta.

Tabel Spesifikasi Xmax 250 Connected

Spesifikasi Xmax 250 Connected

Panjang

2.180 mm

Lebar

795 mm

Tinggi

1.460 mm

Jarak sumbu roda

1.540 mm

Jarak terendah

135 mm

Tinggi tempat duduk

795 mm

Berat

181 kg

Posisi tangki bahan bakar

Depan

Jumlah silinder

1 silinder

Konfigurasi mesin

Liquid cooled 4-stroke, SOHC, 4 valve

Isi silinder

249.8 cc

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

13 Liter

Konfigurasi Transmisi

Automatic V-belt

Jenis bahan bakar

Bensin

Diameter X Langkah

70 mm x 64.9 mm

Sistem Starter

Electric Starter

Sistem Suplai Bahan Bakar

Fuel Injection (FI)

Tipe Pendingin Mesin

Liquid Cooled(Radiator)

Tipe kopling

Kering, Centrifugal Automatic

Tenaga

16.8 kW / 7000 rpm

Torsi

24.3 Nm / 5500 rpm

Suspensi depan

Teleskopik

Suspensi belakang

Unit Swing

Rem depan

Disk brake

Rem belakang

Disk brake

Ukuran ban

Depan 120/70 15, Belakang 140/70 -14

Tipe rangka

Underbone

Jenis lampu depan

LED

Jenis lampu belakang

LED

Tipe baterai atau aki

GTZ8V

Sistem pengapian

TCI

Tipe busi

NGK/LMAR8A-9

 
  • Adjustable Windshield & Handlebar

  • Yamaha Motorcycle Connect

  • Blue Core 250

  • Stop & Start System

  • Traction Control System(TCS)

  • Anti Lock Braking System(ABS)

  • Y-Connect Apps

  • Keyless(Smart Key System)

  • Electric Power Socket

  • Smart motor generator

  • Full LCD Spedometer

  • TFT infotainment Display

  • Navigation System

Simulasi Kredit Yamaha Xmax 250 2023

Jika Anda tertarik membeli Yamaha Xmax terbaru berikut simulasi kredit menggunakan DP 20 persen dari harga kendaraan, simulasi kredit ini hanya berupa gambaran jika anda menginginkan rincian detail dapat menghubungi dealer Yamaha terdekat.

Model

Harga

DP(20%)

Tenor 11 bulan

Tenor 23 bulan

Tenor 29 bulan

Tenor 35 bulan

Xmax 250 2023 

Rp66.000.000

Rp13.200.000

Rp5.132.000

Rp2.575.000

Rp2.105.000

Rp1.770.000

 



Ryan Adriansyah

Ryan Adriansyah

Seorang penyuka otomotif baik roda dua maupun roda empat yang hobi berkendara pada weekend untuk mencari sarapan Memulai karir sebagai tim konten di Carmudi.co.id, lalu bergabung ke mobil123.com pada Agustus 2022.


Berita Utama


Komentar