Cara Pasang dan Ganti Wiper di Kaca Belakang Mobil

Panduan Pembeli

Cara Pasang dan Ganti Wiper di Kaca Belakang Mobil

JAKARTA - Tidak cuma di kaca depan, wiper juga ada di kaca belakang mobil. Fungsinya sama, yaitu untuk menyeka air di kaca saat berkendara di tengah guyuran hujan. Alhasil pandangan pengendara ke depan maupun ke belakang tidak terganggu.

Umumnya, wiper kaca depan mobil lebih sering digunakan ketimbang di kaca belakang. Kendati demikian, para pemilik kendaraan dituntut harus melakukan pemeriksaan pada wiper kaca belakang agar selalu dalam kondisi optimal. 

Apabila saat dilakukan pemeriksaan karet wiper sudah usang atau getas, walaupun jarang dipakai, sebaiknya segera lakukan penggantian.

Harga wiper kaca belakang mobil di toko aksesori cukup terjangkau, berkisar antara Rp45 hingga Rp75 ribu. Ambil contoh, wiper belakang milik Honda BR-V ukurannya 10 inci dibanderol Rp50 ribu, sedangkan wiper belakang Avanza berukuran 14 inci harganya Rp40 ribu.

Selain harga yang terjangkau, pemasangannya pun bisa dilakukan sendiri di rumah tanpa perlu pergi ke bengkel. Jadi tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk malas mengganti wiper lama dengan yang baru.

Cara mengganti wiper kaca belakang mobil sangat mudah dan tidak rumit, berikut langkah-langkahnya yang bisa Anda praktekkan.

Angkat Wiper

Langkah pertama, angkat atau tarik batang wiper ke arah luar.  

Lepaskan dari Pengait

Selanjutnya miringkan wiper hingga membentuk huruf 'T', lalu tekan ke arah dalam sampai terdengar bunyi "klik" yang menandakan wiper sudah terlepas dari pengait di batang wiper.

Pasang Wiper yang Baru

Apabila sudah terlepas, pasang wiper baru dengan memasukkan ujung batang wiper ke lubang yang tersedia. Setelah itu, miringkan wiper dan tekan agar menyatu dengan pengait di bagian dalam. 

Setelah terpasang sempurna, coba nyalakan wiper kaca belakang mobil untuk memastikan apakah berfungsi dengan baik atau tidak.(AP/Ses)




Berita Utama


Komentar