Waspada Serangan Jantung Saat Berkendara, Ini Tips Menghindarinya

Panduan Pembeli

Waspada Serangan Jantung Saat Berkendara, Ini Tips Menghindarinya

JAKARTA – Tak hanya saat berolahraga, serangan jantung juga bisa terjadi saat seseorang berkendara dengan kendaraan bermotor.

Serangan jantung sewaktu mengemudi jelas sangat berbahaya, bahkan bisa mengakibatkan kecelakaan kalau terkena saat berkendara dalam kecepatan tinggi. Pengemudi yang terkena serangan jantung dapat kehilangan kendali atas mobil dan menabrak apa saja yang ada di depannya, termasuk risiko kehilangan nyawa akibat serangan jantung.

Auto2000 memberikan beberapa tips untuk bisa menghindari serangan jantung saat berkendara menggunakan kendaraan bermotor. Dan berikut adalah beberapa langkah mudah yang bisa dilakukan.

Menjaga Emosi

Menjaga emosi mungkin terdengar sederhana, tapi sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Bila emosi tidak terkendali maka seseorang akan berlaku lebih agresif di jalanan. Semakin agresif saat mengemudi, maka akan semakin tinggi adrenalin dan tanpa sadar akan semakin cepat irama jantung bekerja sebelum akhirnya timbul serangan jantung.

Selalu berusaha setenang mungkin saat berkendara dan jangan mudah terpancing emosi ketika menemukan hal yang menyebalkan di jalan. Tidak hanya serangan jantung, kegagalan mengendalikan emosi juga dapat memicu tindak kekerasan dan kecelakaan di jalan.

Istirahat yang Cukup

Serangan jantung

Mungkin banyak yang tidak menyadari bahwa berkendara sebenarnya merupakan aktivitas berat dan butuh stamina tinggi. Berkendara adalah sebuah kegiatan yang menguras tenaga dan pikiran karena harus fokus kepada banyak hal.

Sebelum berkendara, sebaiknya beristirahat minimal 6 jam di malam hari. Selain itu, bagi yang mengemudi dalam jangka waktu lama, pastikan selalu istirahat setiap 2 jam sekali untuk mengembalikan stamina tubuh. Meskipun merasa kuat, jangan paksakan diri untuk tetap berada di balik kemudi.

Konsumsi Makanan Sehat dan Bergizi

Serangan jantung disebabkan oleh banyak hal mulai dari usia, genetik, pola makan, manajemen stres, istirahat dan sebagainya. Namun belakangan ini terjadi banyak serangan jantung yang terjadi pada usia muda disebabkan oleh pola makan dan pola hidup kurang sehat.

Untuk itu selalu pastikan untuk menjaga pola makan sehat khususnya saat berkendaraa. Selalu hindari minuman bersoda atau kafein saat mengemudi atau ketika beristirahat karena dapat memacu kerja jantung. Perbanyak minum air putih untuk memperlancar peredaran darah. [Adi/Had]



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar