Wajib Tonton! Video Pebalap F1 Main Gokart, Salip 15 Orang dan Menang

Berita Otomotif

Wajib Tonton! Video Pebalap F1 Main Gokart, Salip 15 Orang dan Menang

MADRID – Penasaran seberapa jago teknik mengemudi seorang pebalap Formula One (F1)? Video Carlos Sainz Junior di media sosial baru-baru ini mungkin bisa memberikan jawabannya.

Pada akhir 2020, melalui akun Twitter @Carlossainz55, pebalap F1 yang masih berusia 25 tahun tersebut mengunggah video dirinya bermain gokart. Sirkuit yang dia pilih adalah Carlos Sainz Karting di Madrid, Spanyol.

Dalam video berdurasi 1:59 menit tersebut, pembalap asal ‘Negeri Matador’ ini terlihat memulai balap gokart dari posisi paling buncit. Di depannya, terdapat 15 lawan.

Namun, kerennya, satu per satu lawan ia salip tanpa kesulitan berarti. Dia pun akhirnya finis paling pertama. Video itu juga terdapat di akun YouTube F1Racers dengan durasi lebih panjang.

Di trek gokart yang sempit serta banyak kelokan, Sainz hanya butuh tujuh tikungan untuk merangsek masuk ke posisi 10. Tanpa hambatan berarti, dia lalu melaju terus hingga ke urutan keempat.

Pebalap tim Scuderia Ferrari ini relatif cukup lama berada di posisi keempat karena posisi lawan-lawannya yang berada agak jauh. Namun, pada akhirnya tiga pesaing terakhir dapat dikejar dan dilewati.

“Pernah membayangkan bagaimana seorang pebalap @F1 melakukan gokart indoor yang normal dari posisi paling belakang? Beginilah balapan yang mulus itu terjadi,” tulisnya sebagai keterangan video.


Carlos Sainz, menurut penelusuran Mobil123.com dari berbagai sumber, memulai debut sebagai pebalap F1 pada 2015 untuk tim Torro Rosso. Sebelum itu, ia berkali-kali menjajal mobil balap F1 sejak 2013 sebagai test driver bagi Torro Rosso serta Red Bull.

Lelaki kelahiran 1 September 1994 ini tiga musim membela Torro Rosso. Pada empat seri terakhir di musim F1 2017, Sainz pindah ke tim Renault dan bertahan di sana hingga akhir musim 2018, sebelum menjalani musim 2019 plus 2020 bersama tim McLaren.

Mulai musim F1 2021, Sainz membalap untuk tim Scuderia Ferrari untuk menggantikan Sebastien Vettel yang pindah ke tim Aston Martin. Bersama Charles LeClerc yang masih berusia 22 tahun, mereka menjadi duet pebalap termuda di satu tim sepanjang sejarah F1. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar