Wah, Honda CB125R Dibuat Lebih Senyap

Berita Otomotif

Wah, Honda CB125R Dibuat Lebih Senyap

JAKARTA – Honda kembangkan motor listrik dengan menggunakan basis CB125R.

Honda nampaknya semakin giat mengembangkan motor bertenaga listrik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya paten motor listrik yang diterbitkan oleh pabrikan motor berlambang Sayap Mengepak tersebut belakangan ini.

Bedanya paten yang beredar kali ini terlihat lebih sempurna. Motor listrik berbasis CB125R ini tampak lebih siap sebagai produk yang akan dipasarkan. Detail motor bertenaga listrik satu ini cukup lengkap sehingga dipercaya segera diniagakan.

Detail motor seperti sproket, cakram, suspensi, hingga beberapa kabel terlihat sudah terpasang rapi. Selain menggunakan basis motor yang sudah ada dipasaran, kesiapan Honda dalam mengembangkan kuda besi berternaga listrik sudah tidak diragukan lagi.

Honda CB125R dipilih karena memiliki dimensi yang ringkas. Hal ini berpengaruh pada daya yang dihasilkan dari motor listriknya. Dengan bobot motor yang ringan, Honda tidak perlu pusing-pusing memikirkan kapasitas baterai.
Honda CB125R

Setidaknya Honda tidak akan membenamkan daya yang terlalu besar pada motor berukuran minimalis ini. Pun sebaliknya motor listrik ini tidak akan dibiarkan kekurangan daya. Paling penting adalah upaya Honda untuk membuat daya jelajah kendaraan lebih jauh daripada produk-produk lain di pasaran.

Dalam paten yang diterbitkan, tidak tertera besaran tenaga yang dihasilkan motor ini. Namun jika akhirnya dipasarkan, daya motor kurang lebih sama seperti Honda PCX listrik yang di Indonesia ditawarkan sebagai kendaraan fleet.

Honda PCX Electric pertama kali masuk Tanah Air awal 2019. Menggunakan dua baterai, skutik ini mampu menghasilkan daya 5.6 hp. Sedangkan torsinya didapat sejak 18 Nm sejak 500 rpm. Untuk mengisi baterai kosong, dua Honda Mobile Power Pack dapat terisi penuh dalam pengisian selama 4 jam saat menggunakan pengisi daya opsional dengan metode off-board. Terdapat pula cara pengisian menggunakan sistem on-board (terkoneksi langsung dengan listrik) dengan masa pengisian 6 jam. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar