5 Mobil Termahal Dunia yang Bikin Jiwa Miskin Meronta (Part-3)

Berita Otomotif

5 Mobil Termahal Dunia yang Bikin Jiwa Miskin Meronta (Part-3)

JAKARTA - 5 Mobil Termahal Dunia yang Bikin Jiwa Miskin Meronta (Part-3) akan menampilkan mobil-mobil sportscar eksotis berharga maksimal Rp 53 miliar.

Dari 5 mobil termahal pada bagian ketiga ini, Anda mungkin familiar dengan nama-nama pabrikan mobil Aston Martin dan juga Lamborghini. Sebagian dari Anda juga tentu sudah mengenal pabrikan sportscar asal Swedia, Koenigsegg.

Bagaimana dengan Pininfarina? Ya ini perusahaan ini memang dikenal sebagai rumah desain ternama asal Italia dan banyak mensupport Ferrari juga pabrikan dunia lainnya. Semetara Aspark mungkin Anda baru mendengarnya.

Aspark sendiri merupakan pabrikan mobil dan engineering yang berasal dari Osaka Jepang. Berdiri 2005 dan dalam 15 tahun ini perkembangannya cukup signifikan punya jaringan 25 kantor atau perwakilan yang tersebar di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Singkat cerita mari simak 5 Mobil Termahal Dunia yang Bikin Jiwa Miskin Meronta (Part-3) dan semua mobil ini diproduksi sangat terbatas.

1) Aston Martin Valkyrie
Harga: $ 3.1 juta (Rp 44 miliar)


Aston Martin Valkyrie merupakan sportscar Hybrid buah kerjasama antara Aston Martin dengan tim balap F1, Red Bull Racing dan keduanya memang berkerjasama di musim balap jet darat 2020. Mobil ini sejatinya track oriented alias khusus digeber di sirkuit layaknya mobil balap F1. 

Namun demikian Aston Martin mengklaim bahwa Valkyrie legal untuk digunakan di jalan raya dan menjadi salah satu mobil tercepat yang pernah dibuat. Sportscar 2 pintu berpenggerak roda belakang ini dilengkapi dengan mesin Crosworth V12 6.5-liter bertenaga 1.160 hp dan mampu berakselerasi 0-100 km dalam waktu 2.6 detik serta dapat dipacu hingga 402 km/jam.

Dengan bobot 1 ton lebih sedikit, Aston Martin menyebut sportscar pesaing Valkyrie tampak berat dan tidak lincah. Mobil bernama lain AM-RB 001 ini sangat ekslusif karena hanya dibuat 150 unit saja

2) Pininfarina Battista
Harga: $ 3.22 juta (Rp 45.8 miliar) 


Pininfarina Battista merupakan soprtscar bertenaga listrik yang diciptakan untuk menghormati mendiang Battista Farina, founder dari Pininfarina. Rumah desain Italia yang kini bermarkas di Munich Jerman ini pertama kali muncul di publik pada Geneva Motor Show 2019.

Usut punya usut, mobil ini punya hubungan dengan Rimac Automobile asal Kroasia. Pininfarina Battista disebut dibangun di pabrik dan menggunakan baterai 12 kWh buatan Rimac.

Baterai tersebut menggerakkan 4 motor listrik di masing-masing roda dan secara keseluruhan menghasilkan tenaga 1.877 hp serta torsi 2.300 Nm. Pininfarina Battista sendiri hanya dibuat 150 unit dan diklaim menjadi mobil tercepat yang berasal dari Italia. 

3) Aspark Owl
Harga: $ 3.6 juta (Rp 51.1 miliar)


Aspark Owl adalah hypercar bermesin listrik buatan Japanese engineering firm Aspark. Mobil ini disebut sebagai mobil jalanan tercepat di dunia karena mampu berakselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 1.69 detik.

Sumber tenaga dari Aspark Owl adalah 4 motor listrik yang berada di masing-masing roda dan punya output 1.984 hp serta torsi 2.000 Nm. Mobil bertinggi kurang dari 1 meter ini juga dilengkapi baterai 64 kWh dengan jangkauan jarak 451 km dan dapat dipacu hingga kecepatan puncak 400 km/jam. 

Rencananya mobil ini hanya akan dibuat sangat terbatas yakni 50 unit. Dan rencananya akan diproduksi di Manifattura Automobili Torino (MAT), Italia.

4) Lamborghini Siån FKP 37
Harga: sekitar $ 3.7 juta (Rp 53 miliar)


Lamborghini Siån FKP 37 adalah mid-engine hybrid sportscar berbasis Lambo Avantador yang diluncurkan 3 September 2019. Namanya diambil dari bahasa Bolognese yang berarti sambaran petir. 

Mesin L539 V12 6.5-liter yang ada pada Aventador dan SVJ menjadi sumber tenaga Sian serta dibantu oleh motor listrik 25 kWh. Kombinasi ini menghasilkan tenaga 807 hp, membuat mobil ini diklaim bisa dipacu hingga 350 km/jam.  

Sian sendiri dibuat sebagai langkah awal Lamborghini untuk menghadapi teknologi elektrivikasi pada mobil. dan hanya akan diproduksi 63 unit saja.

5) Koenigsegg Jesko Absolut
Harga: $ 3.7 juta ++ (Rp 53 miliar ++)


Koenigsegg Jesko Absolut adalah sportscar yang dibuat khusus oleh sang faounder Christian von Koenigsegg untuk sang ayah, Jesko von Koenigsegg. Suksesor dari Koenigsegg Ageraini ini sendiri akan diproduksi terbatas 125 unit dan akan dijual 50 unit per tahunnya.

Jesko dipersenjatai mesin V8 5.0-liter twinturbo yang dipadukan dengan transmisi 9-speed multi clucth. Mempunyai keluaran tenaga 1.603 hp. Dan punya rancang bangun yang aerodinamis salah satunya berkat high-downforce berkat penggunaan sayap belakang, Koenigsegg menyebut hambatan angin atau coefficient of drag Jesco 0.278 Cd. 

Kecepatan maksimal yang dapat diraih Jesco mencapai 483 km/jam. Mobil ini hanya bisa digunakan di atas track atau sirkuit, kabarnya proses legalitas di jalan rayanya sedang diperlajari. 

Cerita 5 Mobil Termahal Dunia yang Bikin Jiwa Miskin Meronta belum akan berakhir di sini. Simak 5 Mobil Termahal Dunia yang Bikin Jiwa Miskin Meronta (Part-4) [Ari]



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar