Urai Kemacetan, Pemerintah Luncurkan Bus Jabodetabek Residence Connexion

Berita Otomotif

Urai Kemacetan, Pemerintah Luncurkan Bus Jabodetabek Residence Connexion

JAKARTA – Pemerintah meluncurkan bus Jabodetabek Residence (JR) Connexion yang merupakan langkah untuk mengurai kemacetan lalu lintas di daerah penyangga menuju kawasan Ibukota.

Karya Sumadi, Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia resmi meluncurkan Bus Jabodetabek Residence (JR) Connexion. Bus yang gagas oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) diluncurkan di ITC Mangga Dua Jakarta. Langkah ini adalah upaya pemerintah untuk mengurai kemacetan lalu lintas di daerah penyangga menuju kawasan Ibukota.

Pria yang akrab Budi mengatakan bahwa  armada-armada bus ini diharapkan dapat dimanfaat warga yang berdomisili di wilayah Bekasi, Depok, Bogor dan Tanggerang untuk menuju pusat kota. Moda transportasi ini tentu dapat menjadi alternatif bagi masyarkat sehingga mereka beralih dari kendaraan pribadi ke angkutan umum.

"BPTJ lakukan riset, dimana masyarakat berharap adanya angkutan umum yang nyaman langsung ke tempat tujuan," ungkap Budi.

Selama ini, kata Budi 'share' angkutan umum dan kendaraan pribadi hanya 14 persen. Kementerian Perhubungan (Kemenhub) lewat BPTJ menargetkan agar keinginan publik untuk naik kendaraan umum bisa lebih tinggi, dan 'share'-nya bisa mencapai 40 persen di 2019 mendatang. Dengan begitu, angka kemacetan tentu dapat jauh berkurang.

Bus JR Connexion akan berangkat dari pemukiman seperti Grandwisata (Bekasi), Bintaro Jaya (Bintaro), Bumi Serpong Damai (Serpong), Zam-zam Park (Bogor) dan Kota Wisata (Cibubiur). Bus ini hanya akan berhenti di pusat kota Jakarta. Misal, di FX Senayan, Blok M, dan kawasan Sudirman.

Usai meresmikan peluncuran Bus JR Connexion, BPTJ juga akan mengajak Menhub Budi meninjau area Kampung Bandan yang nantinya dibuka akses dari wilayah perdagangan di sekitar Mangga Dua ke Stasiun Kampung Bandan. Melalui Stasiun Kampung Bandan ini akan beroperasi kereta bandara yang dapat menjadi alternatif bagi masyarakat menuju Bandara Soekarno Hatta. Dengan semakin banyaknya akses menuju bandara, diharapkan akan meningkatkan wisata belanja di kawasan Mangga Dua. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang