Ujicoba Suzuki GSX-S150 2017

Berita Otomotif

Ujicoba Suzuki GSX-S150 2017

JAKARTA – Berikut yang dapat Mobil123.com simpulkan setelah bercengkrama dengan Suzuki GSX-S150 sepanjang Jakarta - Puncak.

Suzuki GSX-S150 2017 masuk ke Indonesia setelah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melihat peluang pasar yang besar di segmen sepedamotor backbone (streetbike/naked & sportbike/fairing) 150cc . Bahkan, menurut perhitungan SIS, 71% dari segmen backbone dikuasai oleh nakedbike.

Namun di kelas yang cukup seksi ini memiliki jagoan-jagoan besar yang sepertinya tidak mudah di taklukan. Kompetitor langsung dari Suzuki GSX-S150 tak lain datang dari Honda CB150R dan Yamaha V-ixion.


First impression tentunya bisa menjadi modal untuk melenggang lebih jauh. Untuk diketahui, sejak diluncurkan secara resmi Februari 2017, Suzuki GSX-S150 langsung mendapat sambutan yang luar biasa dari masyarakat dengan memanen pemesanan 4500-an unit (Februari – Maret). Dan memiliki waktu inden sekitar 2 bulan.

Dari sisi tampilan, Suzuki GSX-S150 hadir dengan desain sangat berkarakter. Bisa dilihat langsung memlalui desain lampu depan (LED) vertikal memancarkan aura agresivitas, sirip lancip, pelindung mesin, bagian belakang yang semakin meninggi dan tajam, tangki bensin berotot, serta lampu belakang vertikal. Sayangnya, lampu belakang tidak menggunakan LED meski lampu pelat Nopol (nomor kepolisian) LED.


Secara umum tidak terlalu sulit untuk mendapatkan posisi riding terbaik. Ini berkat ground clearance dan jarak antara jok dengan lantai terendah di kelasnya, masing-masing 155 mm dan 785 mm. Joknya yang tipis turut mendukung kemudahan ini. Dan, Anda akan dapat langsung merasakan ringannya motor ini setelah duduk di atas jok.

Salah satu tawaran menarik dari motor ini adalah bagian instrument panel LCD yang menampilkan berbagai informasi secara digital. Di sana terdapat speedometer, tachometer, indikator gear, penunjuk waktu/alarm, indikator interval pelumas serta tripmeter ganda.


Posisi mengemudi Suzuki GSX-S150 2017 tergolong ergonomis, lebih tegak dibandingkan saudaranya Suzuki GSX-R150. Bagi para penggemar touring, atau berkeliaran membelah kepadatan kota ini akan menyenangkan. Berdasarkan catatan Suzuki, perbedaan tinggi setang antara S150 dengan R150 adalah 100mm.

Dengan bobot ringan (teringan di kelasnya 130 kg) dan dimensi compact (panjang 2020 mm; lebar 749 mm terlebar di kelasnya; tinggi 1040 mm tertinggi di kelasnya; wheelbase 1300 mm), Suzuki GSX-S150 2017 sangat lincah dan mudah diajak bermanuver. 


Hal itu terbukti ketika Mobi123 mengujinya sepanjang Jakarta – Puncak Bogor dengan berbagai kondisi dengan ragam kondisi, mulai dari lalulintas macet berat, tanjakan, turunan serta tikungan, akhir pekan lalu. Tuas koplingnya tidak keras ketika ditarik ke belakang dan perpindahan gear pun terasa mudah.

Mesin 1-silinder 147cc DOHC FI berpendingin air memuntahkan tenaga (19 hp) dan torsi (14Nm) paling besar di kelasnya. Dan ketika kami melahap tanjakan di Sentul hingga Puncak, untuk motor 150cc, S150 tergolong bertenaga. Sementara performa remnya (depan/belakang cakram) akan membuat Anda percaya diri.

Secara keseluruhan, menurut kami Suzuki GSX-S150 2017 memuaskan. Dan tak lupa, penawaran harga kompetitif Rp 23,9 juta menjadi salah satu pertimbangan terbaik untuk menggiring ke garasi rumah Anda. [Idr/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual