Truk Listrik Masa Depan Berjalan Mirip Boom-boom Car

Berita Otomotif

Truk Listrik Masa Depan Berjalan Mirip Boom-boom Car

BASEL – Siemens membangun jalan raya listrik di Autobahn, Jerman untuk melayani truk bertenaga listrik.

Perusahaan telekomunikasi Siemens mengembangkan perangkat elektronik untuk ditanamkan di dalam jalan raya. Disebutkan bahwa cara kerja sistem ini mirip dengan teknologi pada trem dan kereta api canggih di seluruh belahan dunia.

Kendaraan akan melakukan kontak dengan jalan melalui pantograf sehingga mampu memberikan daya. Siemens menanamkan pita listrik pada ruas jalan yang membentang sejauh 10 kilometer. Adapun jalanan tersebut menghubungkan Jerman dengan Swiss.

Berdasarkan studi awal, Jalan raya listrik ini berfungsi mengurangi energi yang digunakan oleh truk. Selain itu, kendaraan yang menggunakan jalan tersebut juga lebih hemat bahan bakar dan mengurangi polusi udara tentunya.

“Ini adalah kali pertama e-Highway diuji coba di Jerman. Siemens akan bertanggung jawab atas perencanaan, konstruksi dan pemeliharaan sistem. Sistem ini sendiri dibangun sebagai bagian dari proyek gabungan ‘Transportasi barang berat yang efisien pada kendaraan otomatis (ELISA), kementrian Federal untuk Lingkungan, konservasi alam, bangunan dan keselamatan Nuklir Jerman (BMUB),” ucap pihak komunikasi Siemens.

Sistem ini akan bekerja pada truk masa depan yang telah menggunakan teknologi canggih dan berbahan bakar listrik tentunya. Sementara untuk truk konvensional, sistem ini belum berfungsi. Teknologi yang diciptakan Siemens ini membuat truk masa depan seperti sebuah permainan anak-anak seperti boom-boom car. [Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual