Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Yaris Cross Buatan Indonesia juga Bakal Dijual di Luar Negeri

Berita Otomotif

Toyota Yaris Cross Buatan Indonesia juga Bakal Dijual di Luar Negeri

JAKARTA – Toyota Yaris Cross produksi Indonesia tidak hanya ditujukan bagi pasar domestik.

Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy mengatakan kalau Yaris Cross rakitan Tanah Air dikembangkan untuk pasar Indonesia dan Asia. Oleh karena itu, calon pesaing Honda HR-V yang segera meluncur dan dijual ini juga akan diekspor ke luar negeri.

“Pastinya akan diekspor juga. Oleh karena itu, world premiere (seremoni debut global) ini (Yaris Cross) disaksikan enggak cuma oleh konsumen Indonesia tapi juga seluruh dunia,” tandas dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com usai seremoni debut global Yaris Cross, Senin (15/5/2023) di Jakarta.

Yaris Cross buatan Indonesia sendiri berbeda dengan yang ada di Eropa maupun Jepang, meskipun namanya sama. Oleh karena itu, perkenalan produk kemarin Toyota sebut sebagai yang pertama di dunia, walau Yaris Cross sudah meluncur dan dijual di sana sejak beberapa tahun lalu.

Adapun perbedaannya antara lain terletak pada platform, mesin, dimensi, detail desain, fitur. Harga Yaris Cross nanti Rp300-400 juta bagi mesin bensin maupun hybrid.

Toyota Yaris Cross bensin

Director of Administration, Corporate, External Affairs, Technical Government Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam mengakui kalau Yaris Cross yang akan mereka produksi ditujukan pula bagi pasar ekspor. Adapun volume untuk luar negeri antara 1.500-1.800 unit sebulan atau kurang-lebih sama dengan kuota untuk pasar domestik.

“Biasanya kami 50:50. Nanti pas sudah diproduksi kami kasih tahu kepastiannya,” tandas dia tanpa merincikan waktu produksinya.

Menurut Bob, Yaris Cross akan memiliki tingkat kandungan komponen dalam negeri (TKDN) yang tinggi. Komposisinya diklaim mencapai 80 persen.

Toyota Yaris Cross hybrid

TKDN Yaris Cross bahkan lebih besar daripada Toyota Kijang Innova Zenix, model hybrid rakitan lokal pertama dari jenama tersebut yang meluncur pada November 2022.

“Tinggal baterainya saja (yang belum komponen lokal). Komposisinya cukup kecil karena kami pakai baterai hybrid 0,7 kWh,” tukas Bob.

Yaris Cross diberkahi fitur-fitur seperti rem ABS+EBD+BA, enam airbag, Electric Parking Brake with Auto Brake Hold, Parking Sensor, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, T-Intouch.

Calon penantang HR-V tersebut juga masih dilengkapi Ambient Illumination Lamp, Rear Cross Traffic Alert, Wireless Charger, Toyota Safety Sense, Power Backdoor with Kick Sensor, Panoramic Glass Roof with Power Sunshade, Panoramic View Monitor, Electric Adjustable Seat, Head Unit 10,1 Inch with Smartphone Connectivity, EV Driving Mode and Eco Driving Mode. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<< 



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang