Toyota Segarkan 86 dengan DNA Balap

Mobil Baru

Toyota Segarkan 86 dengan DNA Balap

Toyota City – Toyota Motor Corporation (TMC) memberi penyegaran pada Toyota 86 dengan DNA mobil balap. Paket aerodinamis disediakan guna menantang adrenalin bagi konsumen.

Dengan bermodalkan mesin boxer, Toyota 86 sejatinya mampu diajak berlari kencang. Namun sentuhan terbaru TMC kali ini, diyakini akan membuat para pencinta kecepatan merasakan pengalaman berkendara lebih baik.

Diluncurkan pertama kali pada 2012, Toyota 86 banyak terlibat pada beberapa kejuaraan balap termasuk 24 hours of Nurburgring. Selain itu, mobil 2-seater ini juga kerap memenangkan lomba pada gelaran reli.

Artikel bersambung dibawah

Bersama Gazoo Racing, TMC berhasil mengembangkan kendaraan penggerak roda belakang nan unik dengan handling mumpuni namun tetap memberikan kenyamanan berkendara. Tetap mengandalkan mesin horizontal dan center of gravity yang sangat rendah, mobil ini dianggap menawarkan level baru dari sports car.

Sebagian desain dari kendaraan ini dikembangkan untuk membuat evolusi sebuah mobil berperforma. Chief Engineer TMC, Tetsuya Tada yang terlibat dalam pengembangan ini menyatakan bahwa sebagaian besar rombakan diterapkan berdasarkan hasil Toyota 86 pada ajang 24 hours of Nurburgring.

“Kami merombak mobil ini berdasarkan timbal balik dari performa 86 di 24 hours of Nurburgring. Dan kami juga meneliti performa kendaraan ini pada sejumlah jalanan di seluruh dunia. Setiap detail dari komponen mobil kami kerjakan sepenuh hati,” ujarnya.

Mengenai performa kendaraaan sendiri, Ia menyatakan new 86 sangat sempurna baik dari segi akselerasi, grip ban dan hebatnya setiap konsumen akan cepat beradaptasi dengan Toyota 86 baru tersebut.

Berkubikasi 1998 cc, Toyota 86 menawarkan dua pilihan transmisi yakni 6-speed manual dan 6 super ECT. Mobil ini mampu menyemburkan tenaga maksimal sebesar 204 hp dengan torsi 212 Nm (manual) dan 197 hp berikut torsi 147 Nm (ECT).

Kenyamanan dan kemampuan manuver Toyota 86 berasal dari peningkatan kemampuan suspensi dan pengembangan bodi yang lebih rigid. Guna meningkatkan aerodinamis dari kendaraan, Toyota menambahkan beberapa lekukan khusus pada sekujur body new 86.

Pembaruan juga terlihat pada desain headlamp dan rearlamp yang ditambahkan aksen chrome. Masuk dalam kabin, Anda akan disuguhi panel indikator yang memikat. Sementara untuk menemani konsumen di perjalanan Toyota 86 menawarkan monitor 4,2” TFT dengan Multi-information Display (MID).

Kesan elegan berhasil diperlihatkan pada penggunaan bahan kulit yang memadukan warna hitam dan coklat. Kedua buah jok memakai model semi bucket seat sehingga memberi kesan sporty. Dengan memasang target penjualan perbulan sebesar 500 unit di Jepang, TMC mematok harga mobil ini mulai di kisaran Rp 342 - Rp 424 juta. [Dew/Idr]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual