Toyota Luncurkan 13 Model Baru Tahun Ini, Tahun Depan Berapa?

Berita Otomotif

Toyota Luncurkan 13 Model Baru Tahun Ini, Tahun Depan Berapa?

JAKARTA – Toyota menghentikan peluncuran model baru di Indonesia tahun ini di angka 13. Beragam jenis kendaraan tetap mereka perkenalkan di tengah pandemi virus Corona (Covid-19).

Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur PT. Toyota Astra Motor (TAM), menjelaskan pada 2020 mereka telah merilis 13 produk baru. Model – modelnya amat variatif dari segi segmen, harga, sampai teknologi.

“Mulai dari entry-level, mobil sport, sampai pilihan kendaraan elektrik lebih lengkap. Tahun ini TAM sudah menghadirkan kendaraan elektrik lengkap mulai dari dari hybrid, plug-in hybrid (PHEV), dan battery electric vehicle (mobil listrik murni) sehingga para pelanggan bisa memilih teknologi mana yang sesuai,” papar dia dalam Virtual End Year Gathering Toyota 2020 pada Rabu (16/12/2020).

Berdasarkan catatan Mobil123.com model baru termurah Toyota pada 2020 ialah low cost green car (LCGC) lima penumpang Agya facelift, sedangkan yang termahal adalah mobil sport GR Supra facelift. Berikut daftar lengkap peluncuran yang mereka gelar pada tahun pandemi ini:

  1. Toyota Alphard minor Change
  2. Toyota Vellfire minor Change
  3. Toyota Prius PHEV
  4. Toyota Agya facelift
  5. Corolla Cross
  6. Toyota Kijang Innova TRD Sportivo (limited edition)
  7. Toyota Sienta Welcab
  8. Toyota Hilux facelift
  9. Toyota Yaris facelift
  10. Toyota GR Supra facelift
  11. Toyota Fortuner facelift
  12. Toyota Kijang Innova facelift
  13. Lexus UX 300e

Henry menjelaskan bahwa pada Januari – November 2020, pangsa pasar penjualan retail (dari dealer ke konsumen) Toyota mencapai 31,3 persen. Sebagai gambaran, transaksi jual – beli mobil nasional secara retail menurut data yang Mobil123.com dapat dari PT. Honda Prospect Motor beberapa waktu lalu adalah 509.788 unit.


Pabrikan otomotif asal Jepang yang menguasai pasar Indonesia tersebut sayangnya masih merahasiakan segala detail mengenai rencana peluncuran tahun depan. Bahkan, petunjuk mengenai jumlah modelnya pun belum bersedia mereka buka.

“Detail produk nantilah, pada saatnya akan diinformasikan,” ucap Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM kepada Mobil123.com via pesan singkat usai acara akhir tahun secara virtual itu. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar