Toyota GR Yaris Ini Dibuat untuk Menghormati Pejuang Pandemi Covid-19

Berita Otomotif

Toyota GR Yaris Ini Dibuat untuk Menghormati Pejuang Pandemi Covid-19

LONDON – Toyota GR Yaris dengan corak bodi khusus dibuat sebagai penghormatan untuk para pejuang di masa pandemi Corona (Covid-19). Menariknya, sang desainer adalah seorang anak SMA.

GR Yaris spesial itu, menurut laporan Carscoops, dipublikasikan oleh Toyota Inggris. Coraknya antara lain menggambarkan para pekerja di sektor-sektor yang dianggap penting selama masa pandemi.

Sang desainer bernama Alice Goodlife, siswi SMA berusia 16 tahun. Ia salah satu peserta dari kompetisi ‘Design a Rally Car Livery’ yang diadakan di sana.


Kreativitas, imajinasi, serta kepedulian Alice terhadap kondisi terkini ia tumpahkan di atas kertas, hingga membuat GR Yaris terlihat amat berwarna. Salah satu bagian paling mencolok adalah gambar masker medis berwarna biru pada moncong depan, dengan tali yang melingkari dua kaca spion.

Ini merupakan simbolisasi protokol kesehatan yang harus dilakukan masyarakat selama pandemi untuk mencegah penularan virus Covid-19 yaitu menggunakan masker layak plus menjaga jarak.


Pada sisi samping bodi, ada gambar lima sosok manusia. Kelimanya menggambarkan profesi-profesi yang Alice nilai vital selama pandemi yaitu dokter/perawat, guru, pekerja konstruksi, penjaga toko plus polisi.

Dari bagian atap hingga buritan, Alica menggambar enam garis warna yang mencerminkan pelangi. Menurut dia, pelangi simbol inklusi sosial serta kedamaian.


Ada pula gambar bunga daffodil yang ‘menemani’ kelima sosok pekerja pada samping bodi. Bunga tersebut adalah simbol dari Wales, negara asal Alice.

GR Yaris sendiri merupakan versi performa dari hatchback Yaris. Model ini dibuat dari pengalaman Toyota di ajang balap World Rally Championship (WRC) yang memang menggunakan kendaraan tersebut.


Ada dua pilihan mesin bensin yang Toyota sediakan bagi Yaris GR yakni 1.5-liter 118 hp 145 Nm atau 1.6-liter turbo 270 hp 370 Nm. Untuk transmisi, ada Direct Shift CVT atau 6-percepatan iMT.

Negara yang sudah menjual GR Yaris antara lain adalah Jepang, sejak 4 September 2020 kemarin, dengan harga Rp 300 – 600 jutaan. Eksekutif Toyota di Indonesia membeberkan sudah ada ketertarikan dari konsumen terhadap model ini dan ia pun tak menutup kemungkinan menjualnya pada masa mendatang. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar