Toyota Kembangkan Robot untuk Orang Berkebutuhan Khusus

Berita Otomotif

Toyota Kembangkan Robot untuk Orang Berkebutuhan Khusus

CALIFORNIA - Robot hasil rekayasa para insinyur Toyota ini dapat membantu orang berkebutuhan khusus dan telah diuji coba oleh veteran perang Amerika Serikat yang pernah bertugas di Afganistan.

Toyota telah mengerjakan beberapa proyek yang bertujuan untuk membantu orang berkebutuhan khusus. Kali ini, mereka berhasil menyelesaikan ujicoba Human Support Robot (HSR) di rumah salah seorang veteran perang Amerika.

Salah satu veteran yang mendapat ujicoba ini adalah Romulo Camargo. Ia adalah seorang veteran yang menderita luka serius di Afghanistan. Dia lumpuh dari pinggang ke bawah. HSR diharapkan bisa membantu veteran tersebut untuk memudahkan hidupnya.

HSR dibuat ringat dan telah dilengkapi dengan lengan teleskopik yang dibuat lembut dan fleksibel seperti sebuah tangan. Robot ini bisa menerima input dan perintah melalui sebuah aplikasi di smartsphone serta memiliki kemampuan untuk menafsirkan perintah suara.

Ada tiga mode dasar yang membuat HSR ini menjadi sangat bermanfaat. Pertama adalah robot ini dapat mengangkat benda dengan menggunakan gripper untuk benda besar dan vakum untuk benda kecil. Kedua adalah kemampuan untuk mengambil dengan menggunakan fitur pengenal objek dan pengendalian manual yang membuat pengguna bisa mengendalikan robot.

 “Ketika saya melihatnya untuk pertama kali, saya yakin bahwa robot tersebut akan membuka bab baru dapat pengembangan robot khususnya robot dengan kemampuan membantu orang berkebutuhan khusus,” ungkap Carmago.

Hal tersebut memang masuk akal karena HRS membuat orang-orang berkebutuhan khusus dapat meningkat kualitas hidupnya. Untuk itu, Kesuksesan dalam ujicoba ini membuat Toyota berencana untuk memperluas jangkauan robot ini di masa depan. [Adi/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123        
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support