Toyota Kembangkan Bus Bertenaga Fuel Cell

Mobil Baru

Toyota Kembangkan Bus Bertenaga Fuel Cell

TOKYO - Toyota sepertinya sadar bahwa bila ingin menciptakan udara yang bersih tidak bisa mengandalkan mobil fuel cell semata. Untuk itu, Toyota mulai mengembangkan bus berteknologi fuel cell dan dan beberapa kendaraan besar lainnya.

Dilansir dari Autoblog, bus fuel cell akan mulai dipasarkan pada tahun 2017 mendatang. Mesin yang menjadi jantung dari bus ini dikembangkan dari Toyota Mirai, mobil fuel cell pertama dari Toyota dan telah dipamerkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 lalu.

Menariknya, mesin telah dikembangkan agar lebih hemat bahan bakar dan kini telah mampu menghasilkan tenaga maksimal sebesar 9 kW dan kapasitas tangki dapat menyimpan setara listrik 235 kWh.

Tak hanya itu, daya yang disimpan dapat digunakan dalam kondisi darurat atau bencana alam. Bus yang memiliki bahan bakar penuh mampu memenuhi kebutuhan listrik di lokasi pengungsian seperti sekolah dan posko darurat lainnya.

Saat ini pemerintah Jepang memang sedang mendorong hal-hal yang berkaitan dengan lingkungan untuk persiapan Olimpiade Tokyo 2020 mendatang, termasuk untuk mobilitas. Bus ini akan menjadi kendaraan umum utama dalam beberapa tahun mendatang. [Adi/Ari/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123                                                                                               
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual