Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

45 Tahun Bertahan, Toyota Kijang Terjual 2 Juta Unit di Indonesia!

Berita Otomotif

45 Tahun Bertahan, Toyota Kijang Terjual 2 Juta Unit di Indonesia!

JAKARTA - Toyota Kijang mampu bertahan selama puluhan tahun di pasar otomotif Indonesia. Mobil yang sekarang bernama Kijang Innova ini sudah terjual jutaan unit.

Pada 9 Juni kemarin, Kijang, salah satu multi purpose vehicle (MPV) andalan Toyota, berulang tahun. Pada 2022 ini, usianya genap 45 tahun.

Kijang meluncur pertama kali pada 1977, ketika bisnis Toyota di Tanah Air baru berjalan lima tahun.

Menurut President Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Susumu Matsuda, Kijang merupakan bagian penting dari 50 tahun perjalanan Toyota di negeri ini.

Toyota Kijang generasi pertama berjuluk Kijang Buaya

“Berawal dari kendaraan niaga, berkembang menjadi kendaraan keluarga, hingga menjadi MPV premium, kini Toyota Kijang telah menjadi ikon otomotif Indonesia yang mendunia bermodalkan kualitas berstandar global,” kata Matsuda melalui keterangan resmi Toyota belum lama ini.

Jenama asal Jepang ini mengklaim Kijang mampu terjual sebanyak dua juta unit selama 45 tahun melanglang buana di Indonesia.

Adapun transaksi jual-belinya pada Januari-Mei 2022 mencapai 20 ribu unit atau meningkat 14,6 persen dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year on year/yoy).

Vice President Director PT. TAM Henry Tanoto menilai Kijang tumbuh dan berkembang bersama masyarakat Indonesia.

“Dengan total penjualan melampaui dua juta unit, Toyota Kijang membuktikan diri sebagai model multi-era yang dapat diterima oleh keluarga Indonesia berkat kemampuannya memahami kebutuhan pasar dan beradaptasi dengan perubahan tren serta teknologi, ujar dia.

“Ke depan, kami akan terus menghadirkan Toyota Kijang supaya dapat memenuhi kebutuhan pelanggan yang mengutamakan citarasa premium dan eksklusif sebuah MPV keluarga, serta dilengkapi inovasi teknologi yang maju dan ramah lingkungan,” lanjut Henry.

Sejarah Toyota Kijang

Berdasarkan paparan Toyota, Kijang awalnya muncul sebagai mobil pikap kecil yang mengikuti program Kendaraan Bermotor Niaga Serbaguna (KBNS) dari pemerintah. Generasi pertama ini dijuluki ‘Kijang Buaya’ karena bentuk moncongnya.

Generasi kedua lahir pada 1981. Mobil berjuluk ‘Kijang Doyok’ ini menandai awal mulanya sebagai mobil keluarga murah di Indonesia.

Toyota Kijang Innova EV Concept

Pada 1986, generasi ketiga yang disebut ‘Kijang Super’ hadir. Mulai saat itu, Kijang fokus sebagai mobil keluarga dan versi pikapnya tidak lagi dijual.

Generasi keempat, ‘Kijang Kapsul’, hadir pada 1997. Lalu, mulai generasi kelima pada 2004, mulai diperkenalkan Kijang Innova yang masuk ke dalam program IMV (Innovative Multi-purpose Vehicle).

Kijang generasi keenam mengaspal sejak 2015 hingga detik ini.

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasismita dalam beberapa kesempatan membeberkan Kijang Innova hybrid bakal meluncur pada 2022.

Toyota sendiri, dalam Indonesia International Motor Show (IMS) 2022 kemarin, memamerkan purwarupa Kijang Innova listrik sebagai obyek riset mereka. Adapun modelnya diberi sebutan Kijang Innova EV Concept. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang