Toyota Grand New Avanza 1.3 Mantap Dikendarai Kemana Saja

Review

Toyota Grand New Avanza 1.3 Mantap Dikendarai Kemana Saja

JAKARTA – Sektor mesin dengan teknologi dual VVT-i membuat performa Toyota Grand New Avanza layak diacungi dua jempol.

Banyak faktor yang membuat low MPV ini digemari oleh sekitar 1,5 juta konsumen Indonesia. Selain dari sisi fungsi yang serba guna, mesin irit namun responsif serta mudah perawatan menjadi sekumpulan daya tarik tersendiri.

Toyota Grand New Avanza dan Toyota Grand New Veloz hadir dengan 2 pilihan sumber tenaga baru. Dua opsi mesin berkode NR yang menggunakan teknologi dual VVT-i masing-masing 1NR-VE dan 2NR-VE. 

Sistem Dual VVT-i sendiri bekerja dengan menyempurnakan kinerja VVT-i. Katup variable-nya kini menjadi 2 area yakni katup intake dan katup exhaust. 

Dual VVT-i juga memiliki penyempurnaan di intake manifold dan saluran gas buang.  Hal ini membuat emisi dapat ditekan semaksimal mungkin seiring dengan performa yang juga meningkat plus hemat dalam konsumsi BBM (bahan bakar minyak). 

Kinerja mesin Toyota Grand New Avanza 1NR-VE 4-silinder 1.300cc bertenaga 96.5 PS menyenangkan, tanpa perlu lama beradaptasi, siapa pun akan segera familiar dengan karakternya yang memiliki nafas panjang, bermain pada putaran tinggi. 

Bila dibandingkan dengan Avanza versi mesin sebelumnya, respon akselerasi dari Toyota Grand New Avanza jauh lebih baik. Dan sepertinya para engineer Toyota berhasil mendapatkan toleransi terbaik dari setting mesin sehingga tidak masalah untuk digunakan di ragam medan jalan yang ada di Indonesia.

Untuk mengimbangi performanya terdapat pengubahan terhadap sistem suspensi dan penguatan struktur tubuh yang dibuat lebih kaku. Hasilnya secara signifikan meminimalisir gejala body roll atau limbung saat bermanuver melibas tikungan panjang.

Pada kecepatan 80 km/jam (kecepatan maksimal di jalan tol) Grand New Avanza tetap mudah dikendalikan. Hanya butuh sedikit mengoreksi setir untuk mengimbanginya dan bergerak dengan mantap.

Keberadaan sistem ABS, EBD, dan BA di Toyota Grand New Avanza juga semakin meningkatkan rasa percaya diri dalam perjalanan. 

Terakhir, rasanya tidak salah jika Toyota menyebutkan bahwa Toyota Grand New Avanza memiliki improvement sekitar 15% dalam hal efisiensi BBM. Namun jika berbicara hal ini, kaki kanan pengemudilah yang memiliki pengaruh terbesar. Semakin bijak dalam menjaga putaran mesin, semakin irit pula mesin menghisap BBM. [M123]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Redaksi Mobil123

Redaksi Mobil123

Kami siap menyajikan informasi terbaru dari dunia otomotif baik itu dari sisi industri, teknologi hingga komparasi mobil terbaru. Terus ikuti kami melalui media sosial Facebook (facebook.com/mobil123), Twitter (@mobil123ID) dan Instagram (@mobil123id)


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support