Toyota Calya Mulai Geser Toyota Avanza

Berita Otomotif

Toyota Calya Mulai Geser Toyota Avanza

JAKARTA – Terjadi pergeseran catatan penjualan pada Toyota di Indonesia, Toyota Calya mulai menggeser Toyota Avanza sebagai mobil terlaris bulan September.

Total penjualan ritel Toyota di bulan September 2016 mencapai 35.137 unit dengan market share 38,3 persen atau naik 32.5 persen dibandingkan bulan yang sama tahun lalu. 

Toyota Calya tercatat memiliki total penjualan terbanyak yakni 9.365 unit atau tumbuh 13.3 persen dibandingkan Agustus 2016. Total penjualan ini menggeser Toyota Avanza ke posisi kedua penjualan ritel terbanyak.

Di bulan September 2016, Toyota Avanza mencatat angka penjualan 9.197 unit. Jumlah penjualan ini membuat MPV sejuta umat ini kokoh menjadi market leader di kelasnya dengan pangsa pasar 41.7 persen. 

Secara umum, hingga akhir kuartal III 2016, penjualan ritel Toyota mencatatkan hasil positif dengan total 280.179 unit atau tumbuh 18.7 persen dibanding tahun lalu. Raihan tersebut membuat market share Toyota pada periode ini mencapai 36 persen.

Pencapain ini didukung dengan kinerja segmen SUV dan MPV Toyota mengalami pertumbuhan yang baik. Sepanjang Januari—September 2016, segmen SUV tercatat sebagai segmen dengan pertumbuhan tertinggi.

Di segmen SUV, Toyota membukukan total penjualan ritel 38.311 unit dengan market shares sebesar 28 persen Hasil tersebut tumbuh 33,9 persen dibandingkan dengan total penjualan ritel segmen SUV Toyota pada Januari—September 2015.

Sementara segmen MPV Toyota juga membukukan pertumbuhan signifikan dalam 9 bulan pertama 2016. Di segmen ini, Toyota mencatatkan total penjualan ritel 171.780 unit atau naik 31,5% dibandingkan periode yang sama pada 2015. Market share Toyota di segmen MPV pun tumbuh menjadi 54.8 persen dalam kurun waktu tersebut.

Toyota Calya yang baru diluncurkan pada Agustus berhasil mencatat total penjualan ritel sebesar 17.631 unit pada Agustus—September 2016 saja, sehingga menempatkan mobil ini sebagai market leader di segmen entry MPV dengan market share 41.5 persen. 

“Pasar MPV memang terlihat lebih dinamis, apalagi dengan masuknya sejumlah produk baru yang mendapat respon positif dari konsumen,” jelas Henry Tanoto, Vice President Director PT Toyota-Astra Motor. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual