Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Toyota Calya, Avanza, dan Veloz bakal Punya Varian GR Sport?

Berita Otomotif

Toyota Calya, Avanza, dan Veloz bakal Punya Varian GR Sport?

JAKARTA – Model-model multi purpose vehicle (MPV) Toyota seperti Calya, Avanza, Veloz, hingga Alphard sampai saat ini tidak punya varian Gazoo Racing (GR) Sport. Apakah ke depannya bakal ada?

GR merupakan merek untuk tim motorsport Toyota. Merek ini juga disematkan di model-model Toyota dengan aura serta kemampuan lebih sporti, entah sebagai varian teratas atau murni mobil sport.

Sejauh ini, Toyota sudah memiliki 14 model GR.

“Sebenarnya di hampir semua segmen kami sudah punya (produk GR). Mulai dari Agya GR Sport, Yaris GR Sport, Yaris Cross GR Sport, Corolla Cross GR Sport, sampai yang murni mobil sport seperti GR 86, GR Yaris, sampai GR Supra,” kata Marketing Director PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy ketika ditemui di pembukaan GR Garage Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta beberapa waktu lalu.

“Bahkan, Hilux GR Sport juga sudah ada,” sambung dia.

Toyota Calya 2023

Tapi, dari belasan model GR Toyota itu, belum ada satu pun ‘wakil’ dari segmen MPV. Anton membeberkan kalau hingga detik ini tidak ada rencana merilis produk GR di segmen tersebut.

Alasannya adalah kebijakan dari GR Company.

“Ini memang kebijakan dari GR Company karena, kan, kami harus sejalan dengan GR Company. Pada saat ini, untuk (varian tertinggi dari) MPV menggunakan merek lain. Bukan GR. Jadi, GR fokus antara lain di SUV, sedan, dan hatchback pada saat ini,” jelas Anton.

Varian teratas dari model-model MPV atau mobil keluarga, lanjut dia, menggunakan merek Modellista. Auranya lebih ke arah elegan, ketimbang sporti.

Toyota Avanza 2023

Merek Modellista juga masih fokus pada diferensiasi aksesori eksterior dan interior, bukan performa.

“Kalau GR, kan, nafasnya banyak ke motorsport. Latar belakangnya adalah motorsport. Tapi, kalau Modellista di MPV lebih banyak kepada styling (penggayaan) yang premium dan elegan,” tandas Anton.

Model MPV yang sudah memiliki varian Modellista adalah Toyota Kijang Innova Zenix. Toyota sedang mempelajari potensi merilis varian Modellista untuk model-model MPV lainnya.

“Saat ini kami lagi pelajari Modellista di tipe Voxy, Alphard, dan lain sebagainya. Menyesuaikan saja dengan kebutuhan konsumen ke depannya,” tutup Anton. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang