Toyota C-HR Tantang Honda CR-V dan Mitsubishi Pajero Sport

Berita Otomotif

Toyota C-HR Tantang Honda CR-V  dan Mitsubishi Pajero Sport

JAKARTA – Toyota C-HR hadir dengan harga Rp 488,5 juta dan Rp 490 juta, ini dapat dilkaitkan langsung dengan segmen SUV yang di dalamnya terdapat Honda CR-V, Mitsubishi Pajero Sport dan kakaknya sendiri, Toyota Fortuner

Agak berbeda jika kita melihat sosok langsung dari crossover SUV terbaru Toyota ini. Secara umum, jika merujuk kepada dimensi dan modelnya, kebanyakan orang pasti beranggapan Toyota C-HR memiliki kompetitor langsung Nissan Juke, Honda HR-V serta Mitsubishi Outlander Sport.

Lebih lanjut, Honda CR-V 1.5 L Prestige yang merupakan tipe tertinggi sendiri saat ini dijual dengan harga Rp 508 juta. Sekitar Rp 18 juta lebih tinggi dibanding Toyota C-HR two tone namun telah dilengkapi dengan teknologi turbo, power panaromic sunroof, serta power tailgate. Sedikit keunggulan dari Toyota C-HR adalah jumlah airbag yang mencapai 7 sementara Honda CR-V 1.5 L Prestige hanya 6.

Sementara bila dibandingkan dengan Mitsubishi Pajero Sport Dakar (4x2) AT, maka Toyota C-HR lebih murah sekitar 22 juta. Namun hal tersebut wajar, karena dalam beberapa aspek, Pajero tentunya lebih unggul.

Sedangkan kakak kandung dari Toyota C-HR, Toyota Fortuner hadir dengan harga yang juga tidak jauh berbeda. Ada dua tipe yang bisa dibenturkan dengan Toyota C-HR yaitu Toyota Fortuner G A/T dan Toyota Fortuner VRZ A/T DSL.

Toyota Fortuner G A/T diesel dijual dengan harga Rp 485,3 juta atau hanya 3,2 juta lebih murah dibandingkan dengan Toyota C-HR. Namun bila dilihat dari segi mesin, maka Toyota Fortuner sedikit lebih menarik karena telah dilengkapi dengan mesin berkapasitas 2.400 cc dengan tenaga 149,6 hp dan torsi mencapai 400 Nm. Sementara untuk 4x2 2.4 VRZ A/T diesel juga menggunakan mesin serupa, namun dengan fitur yang lebih berlimpah.

Namun Toyota Fortuner hanya dilengkapi dengan transmisi enam percepatan, kalah dari Toyota C-HR yang telah menggunakan transmisi 7 percepatan. Demikian pula kapasitas mobil yang lebih kecil sehingga diklaim memiliki efisiensi bahan bakar lebih baik.

Tak hanya itu, boleh dikatakan dibandingkan Honda CR-V, Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner, Toyota C-HR memiliki keunggulan utama yaitu ukuran yang lebih compact. Bila mereka yang ingin berkendara dengan mobil lincah, maka Toyota C-HR tentu memiliki keunggulan lebih.

Sementara bila dari segi bentuk dimensi, maka Toyota C-HR akan menantang Honda HR-V, Nissan Juke dan Mitsubishi Outlander Sport.

Honda HR-V tipe tertinggi yaitu Honda HR-V 1.8L E CVT Mugen dijual Rp 404,5 juta. Secara umum, spesfikasi mobil mirip dengan Toyota C-HR yaitu masih menggunakan mesin berkapasitas 1.8-liter c dan bertransmisi CVT. Meski memiliki keunggulan dari Power Panaromic Sunroof, model ini hanya menggunakan 6 airbag sementara Toyota C-HR 7.

Sementara itu Nissan Juke tipe tertinggi dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Nissan Juke Revolt CVT Red Interior dengan dengan harga RP 330,9 juta. Namun, secara umum boleh dikatakan Nissan Juke memiliki spesifikasi yang berbeda seperti penggunaan kapasitas mesin lebih kecil 1.5-liter yang didampingi dengan transmisi CVT.

Terakhir adalah Mitsubishi Outlander Sport, memiliki PX Action sebagai varian tertinggi dan dibanderol Rp 375 juta. Meski harganya terbilang paling kompetitif dibanding para kompetitornya. Meski demikian dilengkapi mesin dengan kapasitas terbesar yakni 2.0 -liter bertenaga 148 hp dan torsi 197 Nm. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support