Toyota Avanza Hybrid akan Hadir, Tahun Ini atau Tahun Depan?

Berita Otomotif

Toyota Avanza Hybrid akan Hadir, Tahun Ini atau Tahun Depan?

MANILA – Toyota Avanza pada masa depan dilaporkan tidak hanya menyandang mesin konvensional, tapi juga mesin hybrid.

Sumber yang mengetahui permasalahan tersebut, menurut AutoIndustriya pada Senin (25/10/2021), mengatakan Avanza akan mendapatkan teknologi e-Smart Hybrid.

Sekadar menambahkan, e-Smart Hybrid merupakan teknologi elektrifikasi yang akan digunakan oleh Daihatsu Rocky maupun Toyota Raize facelift untuk pasar Jepang. Keduanya dilaporkan siap meluncur pada November 2021 mendatang.

AutoIndustriya merupakan situs berita yang berbasis di Filipina. Tapi, Avanza yang dijual di sana diimpor secara utuh (Completely Built Up/CBU) dari Indonesia.

Produksinya dilakukan di pabrik PT. Astra Daihatsu Motor (ADM), bersama-sama dengan sang ‘kembaran’ Daihatsu Xenia.

Untuk diketahui, Avanza-Xenia merupakan salah satu produk hasil kolaborasi Toyota-Daihatsu di Tanah Air. Keduanya pertama kali mengaspal pada 2004.

Sangat patut dinanti, apakah Avanza e-Smart Hybrid kelak juga hadir di pasar Indonesia.

Sayangnya, belum ada informasi mengenai waktu peluncuran Avanza e-Smart Hybrid. Dengan demikian, belum ada ancar-ancar mengenai kapan model ini bisa terlihat, baik di Filipina apalagi di Indonesia.

Selain Avanza, sedan entry-level Vios juga bakal mendapatkan teknologi elektrifikasi tersebut. Namun, Vios untuk pasar Filipina bukan diambil dari Indonesia, melainkan sudah dirakit secara lokal di Santa Rosa, Laguna.

Ada pula rencana Toyota memasarkan versi hybrid dari Fortuner, Hilux, hingga Kijang Innova di Filipina.

Toyota merupakan pabrikan yang lebih memilih teknologi hybrid di era-era awal elektrifikasi kendaraan, ketimbang mobil listrik murni. Mereka belum memiliki target menjual hanya mobil listrik murni di masa mendatang, tidak seperti beberapa pabrikan otomotif lain yang sudah mencanangkannya.

Avanza untuk pasar otomotif Tanah Air sendiri dikabarkan bakal memiliki generasi baru. Menurut informasi dari tenaga penjual diler resmi Toyota, All New Avanza rencananya menjalani debut dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

All New Toyota Avanza Veloz

Bahkan, foto-foto yang diduga sebagai All New Avanza untuk varian Veloz beredar di dunia maya sejak pekan kemarin.

Tentu saja, eksekutif Toyota Indonesia menolak mengomentari hal tersebut. Direktur Pemasaran PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy, ketika dimintai konfirmasi, tidak merespons pesan singkat yang dikirimkan Mobil123.com. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar