Tips Berkendara Musim Hujan dari Asuransi Astra

Berita Otomotif

Tips Berkendara Musim Hujan dari Asuransi Astra

JAKARTA – Memasuki musim hujan, tantangan perjalanan pun menjadi semakin besar. Persiapan mobil untuk di musim hujan pun harus lebih diperhatikan.

Kesiapan mobil harus terjaga agar mobilitas tidak terganggu. Dengan demikian masyrakat tetap dapat beraktifitas seperti biasa tanpa terlalu banyak terganggu oleh hujan. Lantas apa saja yang diperlukan untuk menghadari musim hujan? Asuransi Astra pun memberikan sedikit tips untuk melalui musim hujan ini.

  1. Selalu pantau kondisi jalan. Hindari bepergian ke tempat-tempat rawan banjir kalau tidak ada kepentingan sangat mendesak. Jika aktivitas tidak bisa ditunda, carilah jalur alternatif paling aman.
  2. Periksa lampu kendaraan agar dapat menjaga jarak pandang dengan baik. Penglihatan yang terganggu akibat hujan dapat menghalangi jarak pandang saat berkendara. Oleh karena itu, pastikan lampu tidak rusak dan dihidupkan walaupun di siang hari.
  3. Kurangi kecepatan. Berkendara di cuaca terang sangat berbeda dengan kondisi hujan atau terdapat genangan. Hindari kolong flyover dan underpass, jalan berpohon besar, reklame raksasa, jalan cekung dan genangan air.
  4. Jaga jarak aman pengereman, jangan menerobos genangan, waspadai lubang dan gelombang air yang bisa masuk ke dalam ruang mesin.
  5. Berhenti apabila hujan terlalu lebat. Derasnya air hujan pasti mengganggu jarak pandang. Namun, apabila volume hujan terlalu besar sudah pasti jarak pandang semakin pendek dan wiper berpotensi mengalami gangguan. Oleh karena itu, berhentilah terlebih dahulu sampai hujan reda.

Asuransi pun memberi beberapa tips menarik bagi Anda yang terjebak di tengah banjir. Berikut adalah tipsnya.

  1. Bila terjebak banjir sedangkan mesin mobil masih hidup dan lantas mogok, segera matikan mesin, cabut accu, dorong mobil ke tempat yang aman.
  2. Jika mobil tidak bisa dievakuasi saat banjir, segera tutup ujung knalpot, cabut accu, dongkrak mobil dan ganjal dengan jack stand.
  3. Jangan langsung menyalakan mobil jika sempat terendam banjir. Periksa saringan udara, perlengkapan kelistrikan, oli, dan pengapian dalam kondisi baik.
  4. Bagi mobil yang mogok di saat hujan, Asuransi Astra melalui Garda Oto pun memberikan solusi dengan cukup menghubingi Garda Akses 1 500 112, maka petugas Garda Siaga siap membantu dan menangani kondisi darurat selama 24 jam. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual