5 Tips Mengemudi di Musim Hujan dari Chevrolet

Tips Berita Otomotif

5 Tips Mengemudi di Musim Hujan dari Chevrolet

Jakarta – Berkendara saat hujan memerlukan tingkat kewaspadaan tinggi. Untuk itu Chevrolet Indonesia Berikut memberi tips mengemudi di musim hujan.

"Mengemudi selama musim hujan membutuhkan perhatian ekstra, dan sangat penting untuk memiliki kendaraan yang terpelihara dengan baik untuk melewati jalan-jalan licin dan genangan air. Kami mendesak pemilik mobil untuk memeriksa kendaraan di bengkel resmi guna memastikan berkendara selamat dan menyenangkan," kata GM Indonesia Director of External Affairs and Communications Yuniadi Haksono Hartono.

Berikut ini 5 tips di musim hujan:

  1. Pastikan Anda memeriksa wiper, tekanan ban, pelumas mesin, aki dan lampu. Isi tangki BBM (bahan bakar minyak) dengan penuh sebelum menerabas hujan.
  2. Rencanakan rute Anda sebelum ke lokasi tujuan terutama ke daerah yang belum pernah disinggahi. Ingatlah bahwa tersesat bisa membuat Anda, sebagai sopir, frustrasi, yang dapat mempengaruhi konsentrasi Anda. Saat mengemudi di jalan pegunungan berbukit dan berliku-liku membutuhkan kecepatan lebih rendah, cuaca buruk dan jarak pandang mengharuskan mengemudi lebih hati-hati.
  3. Gunakan gigi rendah saat berkendara di jalan miring atau curam, lereng  licin. Penggunaan gigi lebih rendah memungkinkan mesin untuk mengerem sebelum mencapai kurva dan memungkinkan Anda memiliki kontrol kecepatan dan rem lebih baik.
  4. Pastikan mobil Anda dalam keadaan baik, terutama mesin.
  5. Bersabarlah. Hindari menyalip jika Anda tidak bisa melihat dengan jelas arah depan Anda, seperti di tikungan, jembatan, bukit dan lereng.

Di beberapa model mobil sebenarnya pengemudi sangat dibantu oleh sejumlah fitur atau teknologi pendukung seperti Lane Departure Warning, Forward Collision Alert, Panic Brake Assist, Electronic Stability Control dan Anti-Rolling Protection sehingga Anda bisa lebih tenang di jalan raya. Dan, banyak mobil dilengkapi dengan Hill Descent Control (HDC) dan Hill Start Assist (HSA) yang sangat membantu ketika melintasi medan pegunungan. [Idr]



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Senang menulis mobil dan sepedamotor dari sisi kendaraan itu sendiri hingga perkembangan teknologi. Dia sendiri paling menyukai jika disodorkan SUV untuk dibawa ke mana dia suka, tentu saja medan offroad.

Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual