Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

5 Tips Mengemudi di Musim Hujan dari Chevrolet

Tips Mengemudi Musim Hujan Chevrolet Tips Berkendara Hujan

5 Tips Mengemudi di Musim Hujan dari Chevrolet

Jakarta – Berkendara saat hujan memerlukan tingkat kewaspadaan tinggi. Untuk itu Chevrolet Indonesia Berikut memberi tips mengemudi di musim hujan.

"Mengemudi selama musim hujan membutuhkan perhatian ekstra, dan sangat penting untuk memiliki kendaraan yang terpelihara dengan baik untuk melewati jalan-jalan licin dan genangan air. Kami mendesak pemilik mobil untuk memeriksa kendaraan di bengkel resmi guna memastikan berkendara selamat dan menyenangkan," kata GM Indonesia Director of External Affairs and Communications Yuniadi Haksono Hartono.

Berikut ini 5 tips di musim hujan:

  1. Pastikan Anda memeriksa wiper, tekanan ban, pelumas mesin, aki dan lampu. Isi tangki BBM (bahan bakar minyak) dengan penuh sebelum menerabas hujan.
  2. Rencanakan rute Anda sebelum ke lokasi tujuan terutama ke daerah yang belum pernah disinggahi. Ingatlah bahwa tersesat bisa membuat Anda, sebagai sopir, frustrasi, yang dapat mempengaruhi konsentrasi Anda. Saat mengemudi di jalan pegunungan berbukit dan berliku-liku membutuhkan kecepatan lebih rendah, cuaca buruk dan jarak pandang mengharuskan mengemudi lebih hati-hati.
  3. Gunakan gigi rendah saat berkendara di jalan miring atau curam, lereng  licin. Penggunaan gigi lebih rendah memungkinkan mesin untuk mengerem sebelum mencapai kurva dan memungkinkan Anda memiliki kontrol kecepatan dan rem lebih baik.
  4. Pastikan mobil Anda dalam keadaan baik, terutama mesin.
  5. Bersabarlah. Hindari menyalip jika Anda tidak bisa melihat dengan jelas arah depan Anda, seperti di tikungan, jembatan, bukit dan lereng.

Di beberapa model mobil sebenarnya pengemudi sangat dibantu oleh sejumlah fitur atau teknologi pendukung seperti Lane Departure Warning, Forward Collision Alert, Panic Brake Assist, Electronic Stability Control dan Anti-Rolling Protection sehingga Anda bisa lebih tenang di jalan raya. Dan, banyak mobil dilengkapi dengan Hill Descent Control (HDC) dan Hill Start Assist (HSA) yang sangat membantu ketika melintasi medan pegunungan. [Idr]



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Managing Editor

Berkarir sebagai seorang wartawan sejak 2002. Pada 2003, penulis menjadi jurnalis di bidang otomotif. Awal karirnya sendiri adalah seorang wiraniaga pada salah satu dealer brand mobil ternama di Indonesia.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang