Tikung Indonesia, Thailand jadi Tuan Rumah MotoGP 2018

Berita Otomotif

Tikung Indonesia, Thailand jadi Tuan Rumah MotoGP 2018

BANGKOK - Indonesia dipastikan gagal menjadi tuan rumah MotoGP 2018,  Dorna sebagai penyelenggara MotoGP lebih memilih Thailand.

Thailand nantinya akan menjadi tuan ruma MotoGP untuk musim 2018 hingga 2020. Balapan sendiri akan dilangsungkan di Sirkuit Buriram. Sirkuit ini sendiri memiliki panjang lintasan 4.554 km, lebar 8 meter dengan 12 tikungan (kanan tujuh, kiri lima).

Penandatangan kerjasama ini akan dilangsungkan pada tanggal 31 Agustus 2017 oleh Sakon Wannapong, Governor of Sport Authority of Thailand dan Carmelo Ezpeleta, Dorna Sports CEO di kota Bangkok.

Penandatangan tersebut juga akan dihadiri oleh sejumlah pejabat Thailand seperti General Tanasak Patimapragorn, Deputy Prime Minister of Thailand serta Pongpanu Svetarundra, Ministry of Tourism and Sport.

Awalnya, Indonesia juga ikut serta dalam pengajuan menjadi tuan rumah MotoGP 2018. Ketika itu, sirkuit Sentul menjadi salah satu sirkuit yang akan menjadi pengajuan. Sayangnya, sirkuit tersebut masih harus direnovasi dan pembangunannya tersendat. Selain itu, ada juga sirkuit Palembang yang rencananya juga akan diajukan, sayangnya hingga kini pembangunan sirkuit tersebut masih belum selesai.

Kondisi tersebut berbeda jauh dengan Thailand yang memberi kepastian khususnya dari sirkuit. Pembangunannya telah selesai dan telah digunakan untuk beberapa balapan international seperti Bric Superbike 2017, FIA World Touring Car Championship dan Asia Road Racing Championship. 

Keberhasilan Thailand menjadi tuan rumah MotoGP pun menjadikan balap motor ini harus bertanding di dua negara Asia Tenggara. Sebelumnya, hanya Malaysia dengan sirkuit Sepang yang berhasil menjadi tuan rumah MotoGP. [Adi/Ari]

 



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual