Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Thailand Masih Menjadi Pusat Produksi Mobil di Asia Tenggara

Berita Otomotif

Thailand Masih Menjadi Pusat Produksi Mobil di Asia Tenggara

BANGKOK – Jika dibandingkan dengan Indonesia, Thailand memiliki kemampuan produksi kendaraan yang lebih besar.

Hal tersebut disampaikan oleh Dr. Prachin Eamlumnow penyelenggara Bangkok International Motor Show.

"Saat ini produksi mobil di Thailand sudah hampir mencapai 2 juta unit pertahun (1.913.002 unit pada Januari-Desember 2015). Jumlah tersebut masih di bawah dari kapasitas produksi mobil yaitu sebesar 3 juta unit per tahun,” ungkapnya.

Ia pun mengklaim bahwa saat ini Thailand telah berhasil menjadi produsen mobil pick-up 1 ton terbesar di dunia.

"Ini karena kami tidak hanya mengekspor mobil secara utuh, tapi juga dalam bentuk komponen untuk dirakit di pabrik lain. Saat ini, semua pick-up truck 1 ton di seluruh dunia berasal berasal dari Thailand," ungkapnya.

Penjualan domestik tidak terlalu besar

Meski memiliki jumlah produksi yang sangat besar, namun penjualan mobil di Thailand ternyata tidak terlampau besar. Hal ini ditunjukkan dengan jumlah penjualan yang hanya mencapai 800.000 unit per tahunnya.

“800.000 unit itu jumlah yang sudah maksimal, karena memang itu kebutuhan masyarakat Thailand. Sementara untuk mobil yang paling disukai oleh masyarakat Thailand adalah mobil pick-up 1 ton dan mobil Eco car,” ungkapnya.

Data Gaikindo, Indonesia hanya memiliki kapasitas produksi sekitar 1,9 juta pada tahun 2014. Dari jumlah tersebut tercatat Indonesia sudah berhasil memproduksi sekitar 1,2 juta unit dengan pasar terbesar untuk kebutuhan pasar domestik. [Adi/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Senior Reporter

Pria sederhana ini tinggal Bekasi sebagai warga taat pajak. Meski selalu menghadapi panas matahari atau hujan deras hingga kemacetan luar biasa setiap harinya demi pekerjaan, namun Ia tetap menjalaninya dengan penuh rasa syukur.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang