Test Drive Suzuki Ertiga Dreza

Review

Test Drive Suzuki Ertiga Dreza

JAKARTA – Suzuki Ertiga Dreza diberi tongkat estafet untuk melanjutkan kisah sukses Ertiga di Indonesia.

Kebetulan kami mendapatkan varian tertinggi yakni GS A/T. Unit ini menantang tim Mobil123.com untuk menaklukkan keruwetan Ibukota. Berbekal fitur- fitur andalannya, mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) 7-seater ini menemani kami mengitari kota Jakarta.

Mesin K14B yang disematkan dalam bonet terasa halus diajak menyusuri jalan-jalan dengan kecepatan rendah. Namun ketika menemukan jalanan yang cukup kosong, energi dari dapur pacu tersalurkan merata ketika pedal gas ditekan penuh.

Artikel bersambung dibawah

Perbedaan tidak terlalu kentara dengan Ertiga versi sebelumnya. Meskipun PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengklaim terdapat peningkatan tenaga pada model terbarunya tersebut. Namun hal tersebut justru meningkatkan kenyamanan kami dalam berkendara.

Eksterior

Menyoroti bagian ini merupakan hal yang menarik bagi kami. Hal ini dikarenakan SIS mendesain front grille Ertiga Dreza dengan cukup unik. Berbalut krom, SIS menyematkan list panjang melingkari lampu kecil hingga ke bawah grille.

List mengkilap tersebut menempel dekat bagian side skirt yang menambah kesan elegan pada mobil. Lanjut ke buritan, list krom tetap disertai pada bagian bumper dan di tengah-tengah lampu belakang.

Interior

Masuk ke bagian dalam kendaraan, SIS meningkatkan kenyamanan berkendara dengan menyematkan jok berlapis bahan fabric berkualitas. Barisan kursi depan hingga belakang terasa lebih empuk kami duduki.

Suasana kabin terlihat mewah berkat penambahan aksen kayu berwarna gelap pada beberapa bagian. Head unit dengan lebar 9” menambah kesan mewah pada kendaraan. Fitur tersebut menjadi daya tarik tersendiri karena selain memiliki fungsi layar sentuh, head unit ini menggunakan basis Android dan Apple.

Mesin

Seperti telah kami sebutkan di atas, Suzuki Ertiga Dreza menggendong mesin K14B. Jantung pacu 4-silinder segaris, DOHC, MPI, 16 katup dengan VVT cukup mumpuni digunakan dalam kota. Dengan kapasitas 1.373 cc dan kompresi 10:1, mesin ini memberikan tenaga maksimum sebesar 90 dk pada 6000 rpm.

Sementara untuk menggerakkan kendaraan, mesin tersebut mampu memberikan dorongan awal sebesar 130 nm pada 4.000 rpm. Transmisi otomatis 4-percepatan memberikan pengalaman mengemudi nan menyenangkan.

Kenyamanan sendiri didukung sistem suspensi MacPherson Strut dan Torsion Beam dengan per keong pada keduanya. Saat berkendara, kemudi terasa enteng berkat fitur Electronic Power Steering System (EPS).

Keamanan

Untuk meningkatkan keamanan berkendara, SIS menyematkan fitur Anti-lock Braking System (ABS) dan Electronic Braking Distribution (EBD) pada Ertiga Dreza. Fitur ini sempat ditiadakan pada model sebelumnya.

Pada bagian kabin, keamanan juga didukung oleh dual airbags, side impact beam, child proof rear door locks pada pintu belakang, keyless entry dan immobilizer. Sayang Ertiga Dreza tidak disertakan fitur start and stop button.

Overall

Kami terpuaskan dengan kesenyapan kabin yang ditawarkan pada Ertiga Dreza. Beberapa fitur juga mampu membuat kami betah berlama-lama dalam kendaraan yang dilego seharga Rp 237,5 juta tersebut.

Tampang nyentrik mobil ini juga memberikan warna tersendiri kendaraan yang cukup laris di pasaran. Performa MPV ini juga tidak malu-maluin sehingga perjalanan menjadi kian menyenangkan. Istimewanya adalah konsumsi bahan bakar yang cukup irit (12,5:1) sehingga bersahabat bagi kantong konsumen.

Berbicara mengenai handling, Suzuki Ertiga Dreza cukup bisa diandalkan. Baik menempuh jalanan perkotaan, hingga mencoba lintas luar daerah, sistem kaki-kaki mobil ini mampu menopang bodi. SIS mengklaim bahwa sistem suspensi Ertiga Dreza di setting untuk menampung 7 penumpang, saat berkendaraa, terasa karakter bantingan medium. Ini merupakan toleransi terbaik mengingat karakter jalan yang beragam di Indonesia.

Berkendara semakin percaya diri berkat tambahan fitur keamanan yang disematkan pada Suzuki Ertiga Dreza. Pantas saja jika kami menyebutnya sebagai kendaraan keluarga yang menawarkan kemewahan. [Dew/Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

Spesifikasi Suzuki Ertiga Dreza GS A/T

Mesin

K14B, 4-silinder segaris, DOHC, MPI, 16 katup dengan VVT

Kapasitas

1.373 cc

Rasio Kompresi

10 : 1

Layout mesin

Mesin Depan Penggerak Depan

Tenaga maksimum

90 hp @ 6.000 rpm

Torsi Maksimum

130 Nm @ 4.000 rpm

Transmisi

Otomatis 4-percepatan

Dimensi (PxLxT)

4.325 x 1.695 x 1.685 mm

Wheelbase

2.740 mm

Ground Clearence

185 mm

Radius Putar

5,2 m

Sistem Kemudi

Electronic Power Steering System (EPS)

Suspensi Depan

MacPherson Strut dengan Per Keong

Suspensi Belakang

Torsion Beam dengan Per Keong

Rem Depan/Belakang

Cakram Berventilasi/ Teromol

Ukuran Ban

185/65R15

Kapasitas Tangki

45 liter

Berat Kosong

1.334 kg



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support