Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Test Drive Kijang Innova Zenix: Ini Konsumsi BBM Riil Tipe Bensin dan Hybrid

Review

Test Drive Kijang Innova Zenix: Ini Konsumsi BBM Riil Tipe Bensin dan Hybrid

JAKARTA – Konsumsi bahan bakar minyak (BBM) Toyota Kijang Innova Zenix, baik yang bensin maupun yang hybrid, akhirnya terjawab dalam test drive panjang selama dua hari.

Mobil123.com sejak awal memang sangat penasaran terhadap efisiensi BBM Kijang Innova Zenix yang tidak lagi memiliki varian mesin diesel.

Pasalnya, dalam seremoni peluncuran pada 21 November 2022 di Jakarta, disebutkan bahwa mesin bensin maupun hybrid terbaru dari Kijang generasi ketujuh ini sudah bisa menyamai atau bahkan melebihinya.

Hal tersebut yang kemudian menjadi sasaran utama ketika Mobil123.com mengikuti Media Test Drive Kijang Innova Zenix pada 19-20 Desember 2022 dengan rute Jakarta-Cirebon-Semarang-Yogyakarta.

Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

Mobil123.com memulai terlebih dahulu dengan tipe V Gasoline CVT seharga on the road (OTR) Jakarta Rp470 juta dari Cilandak Town Square, Jakarta hingga Rest Area KM 379 A Gringsing di Jl. Tol Semarang – Batang. Setelah itu, unit diganti menjadi tipe Q Hybrid CVT Modellista seharga OTR Jakarta Rp614 juta sampai Yogyakarta.

Perjalanan dilakukan dengan bergantian menyetir karena satu mobil diisi empat orang. Berikut ulasannya.

Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Zenix Bensin

Rute pertama dalam Media Test Drive adalah Cilandak Town Square menuju restoran Mr.Owl, Cirebon. Jarak 220 km ditempuh dengan melewati Tol Layang MBZ plus Tol Cikopo – Palimanan (Cipali).

Kijang Innova Zenix bensin sengaja digas kencang tanpa mengaktifkan Eco Mode, dengan kecepatan tertinggi sempat mencapai 160 km per jam. Hasilnya, konsumsi BBM rata-rata yang ditunjukkan Multi Information Display (MID) adalah 9,2 km per liter.

Toyota Kijang Innova Zenix bensin

Dari restoran itu, rombongan lalu menuju ke Rest Area 379 A Gringsing sejauh 179 km. Kali ini, konsumsi BBM rata-rata di MID dikembalikan ke nol dan Eco Mode diaktifkan. Konsumsi BBM pun menjadi jauh lebih baik dengan sangat signifikan yaitu 14,4 km per liter.

Menurut hasil pengetesan internal Toyota, Kijang Innova Zenix bermesin bensin bisa mencapai konsumsi BBM 15 km per liter.

Performa dan Fitur Toyota Kijang Innova Bensin

Dapur pacu Kijang Innova bensin ‘dipersenjatai’ mesin 2.0-liter berkode M20A-FKS. Gelontoran dayanya 171 hp di 6.600 rpm, dengan torsi 204 Nm di 4.500-4.900 rpm.

Transmisi yang digunakan adalah CVT dengan simulasi manual 10 percepatan. Oleh karena itu, responsnya yang halus dan cenderung lambat bisa sedikit ‘terobati’ jika pengemudi mengganti mode girboks.

Efisiensi BBM yang dicapai turut didukung reduksi bobot 170 kg, dibandingkan Kijang Innova generasi keenam. Power to weight ratio juga lebih baik 79 persen.

Rear Seat Entertainment Toyota Kijang Innova Zenix

Pergantian platform dari ladder ke TNGA yang monokok membuat getaran dalam kabin sangat minim. Kabinnya pun cukup kedap menahan suara-suara dari luar. Sayang, body roll masih lumayan terasa ketika bermanuver.

Daftar fitur di Kijang Innova Zenix tipe V Gasoline CVT sendiri antara lain Head Unit 10 Inch with Android Auto and Apple Carplay, Rear Seat Entertainment with Netflix, Spotify, YouTube Connection, Electric Parking Brake, Digital AC, 2 Driving Modes (Eco, Normal), 2 USB Type-C Charger pada baris tengah, 2 SRS Airbags.

Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

Di Rest Area 379 A Gringsing, Mobil123.com bersama tim berganti mengendarai Kijang Innova Zenix hybrid. Sebelum memulai perjalanan, informasi konsumsi BBM rata-rata dinihilkan terlebih dahulu.

Tujuan pertama dari sana adalah Padma Hotel Semarang dengan jarak 51 km. Perjalanan ditempuh dengan menggunakan mode berkendara Normal dan konsumsi BBM rata-rata yang tertera di MID dengan cepat menyentuh 14,4 km per liter.

Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

Setelah menginap semalam, pada hari kedua rombongan menuju ke area pegunungan yakni Rest Area Jegur, Magelang sejauh 66 km. Dengan kontur jalan yang terus menanjak, konsumsi BBM rata-rata tercatat lebih dari 10 km per liter.

Dari situ, rombongan menuju pemberhentian terakhir yakni restoran Tip Tap Toe di Sleman, Yogyakarta sejauh 48 km. Sayangnya, saat itu Mobil123.com lupa menihilkan kembali konsumsi BBM rata-rata di MID dan dengan rute menurun plus kemacetan di kota, tapi angka sudah mampu melonjak dari sekitar 10 km per liter menjadi 14,3 km per liter.

Toyota mengklaim konsumsi BBM Kijang Innova Zenix hybrid dapat menyentuh 21 km per liter.

Performa dan Fitur Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid

Kijang Innova Zenix hybrid disokong mesin bensin 2.0-liter berkode M20A-FXS dengan daya 149 hp pada 6.000 rpm serta torsi 187 Nm pada 4.400-5.200 rpm yang dipadukan motor listrik bertenaga 111 hp plus torsi 205 Nm.

Tampilan dari MID memperlihatkan mobil bisa secara otomatis beralih ke EV Mode dalam kondisi stop and go atau saat melaju konstan di jalan yang lancar, pun ketika sedang diam di kemacetan. Dalam kondisi itu, roda hanya digerakkan oleh baterai ditambah motor listriknya.

Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

Jika membutuhkan akselerasi lebih, mesin maupun motor listrik bakal bersama-sama menggerakkan roda. Mesin konvensionalnya juga akan mengisi energi baterai saat dibutuhkan.

Selain itu, daya baterai diisi oleh tenaga yang dihasilkan saat terjadi deselerasi atau pengereman.

Dengan bantuan dua sumber tenaga, tak heran ‘tarikan’ Kijang Innova Zenix hybrid terasa jauh lebih bertenaga dari varian bermesin bensin.

Sebagai opsi tertinggi, Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid CVT ditambahkan pula dengan beragam fitur mewah, modern, dan canggih.

Interior Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

Semua fitur pada V Gasoline CVT ada padanya, ditambah antara lain dengan Panoramic Sunroof, Wireless Charging, Paddle Shift, 3 Driving Modes (Normal, Eco, Sport), 6 SRS Airbags, Panoramic View Monitor, Blind Spot Monitor, Power Backdoor with Voice Command.

Lalu, terdapat teknologi Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 yang terdiri dari Pre-Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), Lane Tracing Assist (LTA), Automatic High Beam (AHB).

Kesimpulan Test Drive Toyota Kijang Innova Zenix

Efisiensi BBM Kijang Innova Zenix, khususnya yang hybrid, sangat tergantung dengan karakter sang pengemudi. Pasalnya, ada tim yang pada satu kesempatan bahkan mampu mencapai efisiensi BBM 27 km per liter.

Dari pengalaman berkendara dua hari, varian berteknologi ramah lingkungan itu juga bakal makin hemat bensin jika dipakai di area perkotaan. Sayang, untuk menikmati fitur-fitur yang mewah atau canggih, konsumen harus membeli tipe-tipe atas.

Meski begitu, pada generasi ketujuhnya, secara keseluruhan Kijang Innova Zenix sudah ada di level yang berbeda ketimbang model pendahulunya. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang