Test Drive Daihatsu Sirion 2018, Pengubahan Menggiurkan Sang ‘Anak Bawang’

Review

Test Drive Daihatsu Sirion 2018, Pengubahan Menggiurkan Sang ‘Anak Bawang’

TANGERANG – Di antara model-model Daihatsu lainnya, Daihatsu Sirion bisa dikatakan sebagai ‘anak bawang’ dari segi kontribusi penjualan yang rata-rata hanya 200 unit per bulan. ‘Sang anak bawang’ sendiri kini sudah bertransformasi menjadi lebih lapang, menyenangkan dikendarai, serta aman.

All-new Daihatsu Sirion diluncurkan di Indonesia pada 13 Februari 2018 dengan harga on-the-road Jakarta Rp 182,5 juta untuk tipe transmisi manual serta Rp 193,5 juta bagi tipe transmisi otomatis.

Sebulan setelah generasi ketiga Daihatsu Sirion, kami berkesempatan mengemudikannya dari Jakarta ke Tangerang.

Eksterior dan Interior
Selama test drive, pengubahan paling menyenangkan sekaligus di luar dugaan dari all-new Sirion ialah keleluasaan kabin. Bagaimana tidak, kursi depan bisa ‘seenaknya’ diatur tanpa menganggu legroom dari penumpang belakang, baik untuk rekan media berpostur 171 cm maupun 179 cm. Semua ini berkat dimensi Sirion generasi ketiga yang tak cuma lebih panjang 19 cm serta makin lebar 7 cm, namun juga lebih rendah 2 cm. Kenyamanan penumpang baris kedua ketika duduk makin meningkat.

Kebutuhan generasi muda untuk terus melihat Ponsel pintar pun difasilitasi oleh USB charger yang terdapat di sisi samping kursi pengemudi plus penumpang depan. Masih ada pula Power Outlet di konsol tengah.

Menyalakan mesin menjadi lebih mudah dan modern berkat fitur Engine Start/Stop Button. Masih ada pula fitur digital AC.

Aspek hiburan tak dikesampingkan karena di dalam kabin all-new Sirion kini terdapat 2DIN touchscreen audio. Sepanjang perjalanan, Mobil123.com dengan mudahnya mengoneksikan layarsentuh itu ke smartphone via bluetooh untuk memutar musik-musik kesukaan atau pun menelpon melalui audio steering switch.

Hanya saja, Mobil123.com masih belum terbiasa dengan Door Lock Button yang berada di konsol tengah layaknya mobil-mobil Eropa. Selain itu, kekedapan kabin juga terasa kurang. Suara dari luar, termasuk suara ban menggilas aspal, amat kentara meski sudah berusaha ditutupi musik-musik yang mengalun.

Jika berbicara dari sisi eksterior, penyegarannya berupa lampu depan LED berdesain baru plus fitur Follow Me Home serta Levelling Adjuster, lampu belakang LED berdesain anyar, bumper depan serta grille berdesain beda, aksen krom pada lampu kabut, spoiler belakang baru dengan High-Mounted Stop Lamp LED, antena sirip hiu, wiper belakang otomatis, wiper depan speed sensing, sampai roda alloy 15 inchi baru.

Performa
Sirion menggunakan mesin baru 1NR-VE 1.3 l, DOHC, empat-silinder, Dual VVT-i, plus Drive-By-Wire. Gelontoran daya kini lebih besar yaitu 93,6hp di 6.000 rpm. Sementara, torsinya ialah 119,6 Nm di i4.200 rpm.

Mobil123.com yang menjajal transmisi otomatis merasakan tarikan mobil lambat, khususnya dalam kondisi stop and go. Suspensinya sendiri berkarakter cukup keras sehingga bodyroll minim. Tetapi, ketika melaju di speed trap ('polisi tidur'), guncangan di kabin cukup terasa.

Mengenai hal ini, Department Head Product Improvement/EDER Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi menjelaskan pihaknya memang memilih setelan suspensi berada di tengah-tengah demi menyeimbangkan stabilitas ketika bermanuver serta kelembutan berkendara. Suspensi depan serta belakangnya juga telah menggunakan stabilizer.

Keselamatan
Fitur keselamatan menjadi keunggulan lain all-sew Sirion di samping kelapangan kabin atau sisi hiburan. Bagaimana tidak, cukup banyak fitur disematkan kepada city car ini.

Mobil yang di Malaysia bernama MyVi itu mempunyai Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Vehicle Stability Control (VSC) dan Traction Control, Rear Parking Camera, ISOFIX, Seatbelt Reminder, Airbag depan serta samping, Key Free with Immobilizer, hingga Front Corner Sensor. Satu catatan soal fitur keselamatan ini ialah Rear Parking Camera tidak memiliki garis bantu yang bisa sangat berguna bagi pengemudi perempuan.

Verdict
Daihatsu Sirion dilepas dengan harga dari Rp Rp 182,5 juta dan diimbuhi oleh banyak fitur keselamatan. Pengendaraan dan handling-nya tergolong cukup, jika dibikin skala 1-10 maka  kami memberi penilaian 6,5.

Secara keseluruhan Daihatsu Sirion 2018 patut menjadi bidikan Anda. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di sebuah harian umum nasional dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual