Tesla Mau Bikin Mobil Listrik Murah! Bakal Kalahkan Merek China atau Tidak, Ya?

Mobil Listrik

Tesla Mau Bikin Mobil Listrik Murah! Bakal Kalahkan Merek China atau Tidak, Ya?

BERLIN – Tesla dilaporkan berencana membuat mobil listrik murah agar dapat lebih bersaing di pasar.

Seorang sumber yang mengetahui permasalahan, menurut laporan Reuters belum ini, mengatakan bahwa Tesla sedang berancang-ancang merakit mobil listrik murah di pabrik mereka di Jerman.

Harga mobil listrik murah Tesla akan berkisar di 25 ribu Euro atau sekitar Rp418,46 juta (1 euro = Rp16.738,49). Sayang, sumber anonim ini tidak mengatakan kapan produksinya akan dimulai.

Tesla, ketika diminta konfirmasi, menolak untuk berkomentar. Kabar itu sendiri membuat harga saham mereka di Amerika Serikat naik.

mobil listrik murah Tesla

Ada beberapa faktor yang menahan tumbuh-kembang pengadopsian mobil listrik di Eropa dan Amerika Serikat, menurut sebuah survei konsumen. Dua alasan paling utama adalah harga yang terbilang masih terlalu mahal plus suku bunga kredit yang tinggi.

Harga retail rata-rata mobil listrik di Eropa pada semester satu 2023, contohnya, mencapai lebih dari 65 ribu Euro (Rp1,08 miliar), menurut firma riset JATO Dynamics.

Sebagai perbandingan, harga retail rata-rata mobil listrik di China hanyalah kisaran 31 ribu euro (Rp518,89 juta).

Founder and Chief Executive Officer (CEO) Tesla Elon musk diketahui sudah lama berniat untuk membuat mobil listrik yang harganya lebih terjangkau. Tapi, pada 2022, salah satu orang terkaya di dunia ini sempat mengatakan kalau dia belum menguasai teknologi untuk mewujudkan hal tersebut.

CEO Tesla Elon Musk

Namun, menurut sumber Reuters, pabrikan mobil listrik asal Amerika Serikat itu sekarang sudah hampir menemukan inovasi yang membuat mereka bisa mencetak hampir semua underbody (bagian bawah bodi) dalam satu potong. Hal tersebut dapat mempercepat produksi dan menurunkan biaya.

Tesla punya ambisi untuk meningkatkan suplai mobil listrik menjadi 20 juta unit pada 2030. Oleh karenanya, menjangkau pasar yang lebih massal merupakan langkah yang penting bagi mereka.

Pabrik Jerman yang akan merakit mobil listrik murah Tesla, kalau menilik informasi pada Maret 2023, memiliki kapasitas produksi sekitar 250 ribu unit per tahun. Tesla ingin meningkatkannya hingga menjadi 1 juta unit setahun, dalam jangka waktu yang tidak dijelaskan.

Apakah mobil listrik murah Tesla kelak bisa mengalahkan mobil listrik dari merek-merek China yang sudah terlebih dahulu berbanderol terjangkau? Menarik untuk dinantikan. [Xan/Ses]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang