Ternyata Pengemudi Tua Jarang Kecelakaan

Panduan Pembeli

Ternyata Pengemudi Tua Jarang Kecelakaan

JAKARTA – Meski para pengemudi senior (berusia tua) memiliki kekurangan dalam hal pengelihatan, reaksi dan ketahanan tubuh bukan berarti mereka sering mengalami kecelakaan.

Data korlantas tahun 2013, kecelakaan pengemudi yang dialami oleh pengendara berusia di atas 51 tahun justru jauh lebih kecil jika dibanding pengemudi muda berusia 16 hingga 25 tahun. Tercatat, dari seluruh kecelakaan yang terjadi, kecelakaan yang melibatkan pengemudi senior berusia di atas 51 tahun hanya 11%, jauh lebih kecil dibanding kecelakaan pengemudi usia 16 hingga 25 tahun yaitu 27%.

“Kecelakaannya lebih sedikit karena pengemudi senior dapat mengendalikan emosinya jaug lebih baik ketimbang pengemudi muda. Pengendalian emosi inilah yang berdampak positif di jalan sehingga jumlah kecelakaan terbilang sedikit,” ungkap Heri Wahyudi, Chief Trainer Rifat Drive Labs.

“Selain pengendalian emosi, para pengendara senior juga lebih sadar akan ketahanan. Untuk itu, mereka biasanya istirahat bila sudah merasa lelah. Sementara para pengendara muda biasanya terus melanjutkan perjalanan hingga benar-benar lelah,” tambahnya.

Meski demikian, Ia tetap menyarankan untuk pengemudi senior tetap memperhatikan kekurangan dan kelebihan kondisinya. Pengelihatan, reaksi dan ketahanan tubuh benar-benar harus diperhatikan saat melakukan perjalanan khususnya saat melalui perjalanan jarak jauh.

“Tetap jauh lebih baik bila para pengemudi senior menjadi penumpang saja dan menikmati perjalanan ketimbang berkendara dan mengemudikan kendaraanya sendiri,” pungkasnya. [Adi/Syu/Idr]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support