Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Berita Terbaru


Resmi Meluncur, All New Yamaha NMax 'Turbo' Harganya Tembus Rp45 Jutaan
Berita Utama

Resmi Meluncur, All New Yamaha NMax 'Turbo' Harganya Tembus Rp45 Jutaan

Berita Otomotif

Segmen skutik premium 150-160 cc kian memanas karena PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing pada hari ini, Rabu (12/6) resmi meluncurkan generasi terbaru Yamaha NMax di Indonesia. Skuter bermesin 155 cc ini hadir dengan update menyeluruh mulai dari desain hingga teknologi dan fitur.

Peluncuran ini sekaligus untuk merayakan hari jadi Yamaha Indonesia yang ke-50 tahun pada 6 Juli mendatang. NMax generasi ketiga hadir dengan berbagai sentuhan pembaruan baik dari segi desain, fitur, maupun performa mesin yang sarat akan teknologi canggih.

Total, Yamaha Indonesia merilis lima varian Yamaha NMax 155, dengan harga On The Road Jakarta sebagai berikut:

  • Yamaha NMax "Turbo" Tech MAX Ultimate Rp45.250.000
  • Yamaha NMax "Turbo" Tech MAX Rp43.250.000
  • Yamaha NMax "Turbo" Rp37.750.000
  • Yamaha NMax Neo S VersionRp 33.700.000
  • Yamaha NMax Neo Version Rp32.700.000

Dengan harga mencapai Rp45 jutaan, lantas apa menariknya skutik Maxi Yamaha ini? 

NMax kali ini membawa desain khas MAXi Yamaha yang desainnya mirip seperti XMax, dengan dimensi MAXi yang terlihat lebih tegas, elegan dan modern. Skuter ini dikembangkan dengan konsep Evolution: Fun Tech X Prestige X Sporty. 

Desain lampu depan dan belakang baru yang memberikan kesan tegas, mewah, dan modern. Sistem pencahayaan dilengkapi Dual Projector LED sehingga pencahayaan jadi optimal, lebih terang, dan fokus.

Ubahan lainnya terdapat pada MAXi Cockpit Design, dengan ruang kemudi dirancang secara detail dan memakai panel instrumen terbaru. Desain baru Full LCD Speedometer yang informatif untuk pengendara dengan konektifitas dengan Y-connect dapat memberikan notifikasi pesan dan telpon.

Lebih lanjut, NMax memeprtahankan jok berukuran besar yang mendukung kenyamanan extra, memungkinkan posisi duduk lebih fleksibel sendiri maupun berboncengan. Pada versi Tech MAX jok menggunakan material khusus dengan jahitan emas. Posisi berkendara yang nyaman dengan ruang kaki yang luas ciri khas MAXi Yamaha yang membuat posisi berkendara lebih rileks untuk jarak dekat atau jarak jauh.

Adapun fitur yang jadi standar di seluruh model meliputi Electric Power Outlet, Multi Infotainment Display With Y-Connect, Big Luggage (25 Litre), Stop & Start System, dan Rear Sub-Tank Suspension. Kemudian, fitur Smart Key System hanya tersedia pada tipe Neo S ke atas. 

Yamaha NMax generasi ketiga memiliki dimensi P x L x T 1.935 mm x 740 mm x 1.200 mm. Skuter gambot ini wheelbase-nya 1340 mm dengan ground clearance 135 mm. Sementara itu, tinggi tempat duduknya 770 mm.

Skuter Maxi terbaru Yamaha ini memakai ban depan berukuran 110/70 - 13" dan ban belakang 130/70 - 13" memberikan pengalaman berkendara yang nyaman saat bermanuver. Bicara soal bobot, skuter ini memiliki berat isi 135 Kg (Turbo Tech MAX), 133 Kg (Turbo), 130 Kg (Neo).

Punya Dua Tipe Mesin

Pada sisi mesin, menggunakan New Engine 155cc YECVT, Blue Core & VVA dimana mesin Blue Core 155 cc generasi terbaru yang disempurnakan ditambah dengan teknologi Yamaha Electric CVT (YECVT) yang mampu memberikan berkendara dengan sensasi "Turbo".

Terdapat dua tipe mesin sesuai dengan varian yang ditawarkan tersebut. Opsi pertama yaitu mesin 155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC + YECVT dan tipe mesin berikutnya yaitu 155cc Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC untuk varian Neo (mesin standar).

Kapasitas oli mesin yang dibutuhkan juga berbeda, dimana tipe Turbo butuh satu liter sedangkan tipe Neo hanya 0,9 liter. Walau tersedia dua tipe mesin, tapi outputnya sama, menghasilkan tenaga sebesar 15,36 ps / 8000 rpm dan torsi 14.2 Nm / 6500 rpm. 

Yamaha NMax Turbo, Apa Istimewanya?

Kali ini Yamaha Indonesia menambah varian Turbo pada keluarga NMax, dimana varian ini menyediakan beragam fitur canggih. Sebagai produk flagship di Maxi Yamaha, NMax Turbo membawa sejumlah fitur baru yaitu: 

TFT Navigation Display

Panel instrumen canggih jadi fitur baru di NMax Turbo, dilengkapi sistem navigasi yang didukung oleh Aplikasi Garmin Street Cross yang ditampilkan di TFT Infotainment Display.

Turbo Riding Mode

NMax Turbo dilengkapi 2 mode berkendara: - T Mode : Town Commuting (untuk penggunaan saat berkendara di perkotaan) - S Mode : Sport Touring (untuk penggunaan saat berkendara yang membutuhkan akselerasi lebih seperti saat perjalanan keluar kota).

Berdasarkan hasil pengetesan internal Yamaha dengan menggunakan mode berkendara S. NMax Turbo mampu berakselerasi lebih cepat untuk menempuh jarak 200 meter dibandingkan dengan NMAX generasi sebelumnya, dengan selisih jarak terpaut 9,2 meter.

New Engine 155cc YECVT, Blue Core & VVA

Mesin Blue Core 155 cc generasi terbaru yang disempurnakan ditambah dengan teknologi Yamaha Electric CVT (YECVT) yang mampu memberikan berkendara dengan sensasi "Turbo".

Turbo Y-Shift

"Turbo" Y-Shift memberikan pengalaman akselerasi dengan 3 tingkatan : 1:low, 2: medium, 3:High. yang dapat dioperasikan dengan menekan tombol Y-Shift saat berakselerasi maupun saat ingin merasakan engine brake.

Dual Channel ABS (Anti-Lock Braking System)

Kontrol pengereman semakin optimal dengan Dual Channel Anti-Lock Braking System di roda depan dan belakang

Traction Control System (TCS)

Fitur ini dirancang untuk mengurangi resiko ban belakang selip di segala situasi permukaan jalan pada saat akselerasi.

Performance Damper

Tidak seperti tipe standar, NMax Turbo memiliki damper khusus yang mendukung performa handling yang semakin stabil selama perjalanan dan saat cornering.

(YS)

Belum juga Laku Dilelang, Jeep Rubicon Mario Dandy Turun Harga untuk Kedua Kalinya
Berita Utama

Belum juga Laku Dilelang, Jeep Rubicon Mario Dandy Turun Harga untuk Kedua Kalinya

Berita Otomotif

JAKARTA – Jeep Rubicon milik Mario Dandy yang dilelang oleh pemerintah hingga kini belum juga diminati. Harga awal penawarannya pun akhirnya turun lagi.

Jeep Rubicon Mario Dandy sudah coba dilelang sejak April 2024. Dalam periode lelang pertama yang berlangsung pada 19-26 April 2024, harga pembukaannya Rp809.300.000.

Tak ada yang menawar pada masa itu, pemerintah pun coba melelang Jeep Rubicon Mario Dandy lagi pada 13-20 Mei 2024, tapi dengan harga pembukaan yang lebih rendah yakni Rp700 juta. Nyatanya, pada lelang keduanya, mobil itu masih juga belum laku.

Sekadar mengingatkan, Mario Dandy merupakan remaja 20 tahunan yang kini dipenjara karena kasus penganiayaan David Ozora hingga sempat koma pada awal 2023. Ia disorot karena aksi kejamnya plus statusnya sebagai anak dari Rafael Alun Trisambodo yang ketika itu merupakan pejabat Direktorat Pajak Kementerian Keuangan.

<related>

Jeep Rubicon Mario Dandy

Lebih lanjut, pemerintah kini menggelar lelang ketiga untuk Jeep Rubicon Mario Dandy, dengan periode dari 4 Juni sampai dengan 11 Juni 2024.

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Jakarta Selatan Haryoko Ari Prabowo, harga permulaan dari lelang mobil itu kini turun lagi di angka Rp600 juta dengan harapan agar lebih menarik peminat.

“Saya tidak pernah mengatakan enggak laku, (tapi) belum ada yang berminat,” kata dia di Kantor Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan pada Selasa (4/6/2024) kemarin, seperti dikutip dari Antara.

Haryoko menegaskan bahwa hasil lelang Jeep Rubicon Mario Dandy nantinya diberikan kepada keluarga David Ozora. Lelang kali ini digelar untuk menghargai korban serta kejaksaan, demi memberikan rehabilitasi yang sesuai dengan putusan pengadilan.

“Nanti, hasil lelangnya kami serahkan kepada korban. Tentunya jaksa sebagai eksekutor mencarikan harga terbaik untuk korban,” ucap dia.

“Semakin tinggi harga lelang yang didapatkan, maka untuk korban semakin baik,” tambah Haryoko.

Jeep Rubicon Mario Dandy

Menurutnya, uang yang diberikan kepada keluarga David Ozora dari hasil lelang Jeep Rubicon Mario Dandy tidak akan dikurangi, selain yang terkait dengan pajak atau pungutan resmi.

Haryoko menargetkan bahwa selambat-lambatnya, sport utility vehicle (SUV) berkemampuan tangguh ini sudah laku sebelum akhir kuartal ketiga 2024.

“Saya inginnya sebelum September sudah selesai. Kami cari harga terbaik,” tegasnya.

Apakah Mobilovers berminat membeli Jeep Rubicon Mario Dandy dalam lelang? [Xan]

Punya 4 Tipe, All New Hyundai Kona EV Sudah Bisa Dipesan
Berita Utama

Punya 4 Tipe, All New Hyundai Kona EV Sudah Bisa Dipesan

Mobil Listrik

JAKARTA – Pemesanan All New Hyundai Kona EV di Indonesia sudah bisa dibuka. Mobil listrik satu ini dipasarkan dalam empat tipe.

Hyundai, melalui keterangan resmi, mengumumkan dimulainya prebooking (pemesanan prapeluncuran) untuk All New Kona EV mulai Senin (3/6/2024). Seperti informasi sebelumnya, harga All New Kona EV nantinya dimulai dari Rp500 jutaan.

Sayangnya, merek mobil asal Korea Selatan itu masih belum juga memberitahukan kapan peluncuran dan pengumuman harga resmi All New Kona EV. Sport utility vehicle (SUV) nihil emisi gas buang tersebut sudah terlebih dahulu diperkenalkan dalam Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024.

“Sejak ditampilkan di awal tahun ini, All New Kona EV telah menerima sambutan luar biasa dari masyarakat Indonesia. Mobil ini hadir dengan desain futuristis didukung oleh all-electric range (AER) yang mencapai hingga lebih dari 600 km, kecanggihan teknologi konektivitas terdepan Hyundai Bluelink,  dan fitur-fitur canggih lainnya,” ucap Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) dalam pernyataan pers.

<related>

Hyundai Kona EV 2024

Soerjo, sapaan akrabnya, menjanjikan para pemesan All New Kona EV tidak bakal menunggu lama. Model tersebut sebelumnya memang sudah dipastikan akan dirakit lokal di pabrik Hyundai Cikarang, Bekasi menyusul satu model mobil listrik lainnya yakni Hyundai Ioniq 5.

Melalui informasi yang diberikan lewat pesan singkat kepada Mobil123.com, Soerjo juga mengungkapkan All New Kona EV nantinya terdiri dari empat tipe. Ada Prime Standard Range (400+ km), Prime Long Range (600+ km), Signature Standard Range (400+ km), Signature Long Range (600+ km).

Hyundai pun memberikan promo gratis pengecasan All New Kona EV selama satu tahun untuk 500 pemesan pertamanya, dalam bentuk e-wallet (uang elektronik) senilai Rp5 juta.

Hyundai Kona EV 2024

All New Kona EV mengusung desain eksterior futuristis yang terkesan ‘clean’ dan aerodinamis, dengan Pixelated Seamless Horizon Lamp di bagian depan-belakang, twin headlamp berteknologi projector full LED yang terintegrasi di bemper depan, Seamless Horizon Lamp.

Wheel arch milik All New Kona EV sewarna bodi, menyatu dengan lampu depan dan belakang serta memberikan kesan tangguh plus dinamis.

Permukaan parametrik diagonal yang tegas serat molding chrome satin yang membentang hingga ke beltline menambah kesan elegan, ditambah Active Air Flap di bemper depan untuk meningkatkan efisiensi energi serta memberikan pendinginan bagi komponen-komponen dalam kendaraan.

Hyundai Bluelink kepunyaan All New Kona EV bisa mendapatkan pembaruan peranti lunak melalui sistem over-the-air (OTA). Fitur lainnya yang sudah diungkap ialah Hyundai Smartsense. [Xan]

Setelah ‘Perang Harga’, Ada Potensi ‘Perang Garansi’ Mobil Listrik China di Indonesia
Berita Utama

Setelah ‘Perang Harga’, Ada Potensi ‘Perang Garansi’ Mobil Listrik China di Indonesia

Mobil Listrik

JAKARTA – Mobil-mobil listrik China di Indonesia berpotensi tak hanya melakukan ‘perang harga’, tapi juga ‘perang garansi’.

Mobil-mobil listrik dari merek China di Indonesia kini saling bersaing untuk memberikan harga yang paling menarik bagi para konsumen. Mereka bahkan tak segan untuk mematok harga beririsan dengan segmen di bawahnya.

Bulan lalu, President Chery International Zhang Guibing di Wuhu, China menilai ‘perang harga’ di antara merek-merek mobil China di pasar global tidak terelakkan. Ini adalah efek ekspansi mereka ke luar China karena persaingan pasar domestik sudah terlalu menantang.

<related>

Chery Omoda E5

Setelah ‘bermain’ dari sisi harga, mobil listrik China di pasar otomotif Tanah Air mencoba menarik konsumen dari sisi garansi. Bahkan, Wuling yang tadinya memberikan garansi baterai mobil listrik seumur hidup secara terbatas berdasarkan kuota kini menjadikannya sebagai garansi standar.

Alhasil, seluruh pembeli dari tiga model mobil listrik Wuling saat ini yaitu Air EV, Binguo EV, maupun Cloud EV sekarang berhak menerima garansi baterai seumur hidup tanpa terkecuali.

Sales and Marketing Director PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Indonesia Dian Asmahani tidak membantah bahwa langkah mereka tersebut memunculkan kemungkinan ‘perang garansi’ di antara mobil-mobil listrik China lainnya.

Sebelumnya, langkah Wuling untuk memberikan garansi baterai seumur hidup berdasarkan kuota sudah diikuti oleh beberapa merek China lain yakni Neta dan Chery.

Wuling Binguo EV

“Intinya itu adalah strategi kami untuk mempercepat penetrasi kendaraan listrik di Indonesia. Tetapi apakah itu akan diikuti oleh pemain yang lain atau enggak sehingga itu menjadi ‘perang’, menurut kami itu adalah suatu hal yang positif karena jadinya konsumen mendapatkan pelayanan yang terbaik,” ujar Dian menanggapi pertanyaan Mobil123.com dalam konferensi pers peluncuran Cloud EV pada pertengahan Mei 2024 di Jakarta.

Merek-merek China yang terjun ke pasar mobil listrik murni di Indonesia sendiri semakin lama semakin banyak. Di samping Wuling, Chery, serta Neta, ada lagi DFSK, Morris Garages (MG), BYD.

Daftarnya akan makin banyak. Great Wall Motor (GWM) dan GAC Aion sudah memastikan untuk merilis mobil listrik murni di Indonesia. [Xan]