Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tata Ultra 1012, Truk Multiguna, Irit dan Kuat

Mobil Baru

Tata Ultra 1012, Truk Multiguna, Irit dan Kuat

TANGERANG – Tata Ultra 1012 menjadi salah satu kendaraan yang diluncurkan oleh Tata Motors Distributor  Indonesia (TMDI) di Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016.

Tata Ultra 1012 diklaim Tata Motors kuat dan menjanjikan biaya Total Cost of Ownership (TCO) terendah di kelasnya.

“Desain Tata Ultra telah disesuaikan dengan perkembangan terkini sesuai kebutuhan para konsumen saat ini yakni performa superior, desain dan kenyamanan kabin kelas dunia, daya angkut tinggi serta konfigurasi beban body beragam. Itu semua berguna untuk menambah produktivitas usaha dan umur pakai yang lebih lama,” ujar Biswadev Sengupta, Presiden Direktur TMDI. 

Truk ringan ini memiliki berbagai varian yang sesuai untuk setiap aplikasi, dirancang dengan pertimbangan teknis untuk mengakomodasi karoseri. Kapasitas angkutnya berkisar 4-7 ton dengan dimensi lebar bak 2,2 meter dengan pilihan panjang 4-6 meter.

Tata menancapkan mesin diesel 497 TCIC 3.783 cc yang memuntahkan tenaga 125 hp pada 2400 rpm dan torsi terbesar dibanding kompetitornya  400 Nm pada 1300-1500 rpm.

Gross Vehicle Weight (GVW) Tata Ultra 1012 sebesar kurang lebih 10 ton. Transmisi Tata Ultra menggunakan transmisi G-550 dengan enam-speed dengan overdrive (OD).

Desain kabin interior Tata Ultra menitik-beratkan pada kenyamanan dan keselamatan. Keunikan dari Tata Ultra 1012 adalah kokpitnya fungsional dan menarik. Desain kabinnya memberikan pengemudi sudut pandang luas. Hal ini tentunya memberi nilai kenyamanan dan keselamatan yang tinggi dengan seat adjuster, steering adjuster dan weight control seat. Karakteristik sistem kemudi power steering-nya ringan. 

Tata menyatakan bahwa Tata Ultra 1012 merupakan truk ringan pertama di Indonesia yang menggunakan Full Air Brake dan ban radial tubeless. Ban radial menawarkan daya cengkeram kuat sehingga meningkatkan keselamatan mengendara. Di samping itu truk ini menyajikan neutral switch, side beam impact dan three points active retractable safety belt. Chassis mengunakan teknologi Rolled Frame dengan material high tensile steel.

“Sebagai pembuat truk dan bis 10 besar dunia Tata Motors mempersembahkan truk ringan kuat, selamat, hemat BBM dan multiguna. Kami yakin Tata Ultra adalah aset bisnis penting bagi para pelanggan dan akan menjadi pilihan utama dunia usaha yang sangat kompetitif,” tambah Biswadev.

Truk ini sendiri sebelum dijual telah diuji di berbagai medan di Indonesia sejauh 25 ribu kilometer. [Idr]



Indra Prabowo

Indra Prabowo

Managing Editor

Berkarir sebagai seorang wartawan sejak 2002. Pada 2003, penulis menjadi jurnalis di bidang otomotif. Awal karirnya sendiri adalah seorang wiraniaga pada salah satu dealer brand mobil ternama di Indonesia.


Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang