Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Tak Ada Subsidi Mobil Hybrid pun, Inden Innova Zenix Mencapai Satu Tahun

Berita Otomotif

Tak Ada Subsidi Mobil Hybrid pun, Inden Innova Zenix Mencapai Satu Tahun

JAKARTA – Tanpa embel-embel subsidi mobil hybrid, inden Toyota Kijang Innova Zenix hybrid sudah mencapai hitungan tahun.

Pemerintah memang dipastikan batal memberi subsidi bagi mobil hybrid rakitan lokal.

Hanya kendaraan berteknologi listrik murni (battery electric vehicle/BEV) produksi dalam negeri yang mendapatkannya mulai 20 Maret 2023.

Ada kuota 35.900 unit mobil listrik baru, 200 ribu unit motor listrik baru, 50 ribu unit motor listrik konversi, plus 138 unit bus listrik yang mendapatkan subsidi hingga penghujung 2023.

Salah satu model hybrid rakitan lokal yang tadinya berpotensi mendapatkan subsidi adalah Kijang Innova Zenix yang meluncur sejak 21 November 2022. Lantas, apa tanggapan Toyota?

Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

Marketing Director PT. Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menegaskan meski mobil hybrid tak jadi dapat subsidi, Toyota tetap berkomitmen untuk nantinya terus menambah model hybrid buatan Indonesia.

Apalagi, bentuk insentif bagi kendaraan elektrifikasi, termasuk mobil hybrid, yang selama ini diberikan sudah cukup banyak.

“Saya yakin pemerintah sampai hari ini tetap mendukung elektrifikasi. Tidak hanya yang listrik murni, tapi juga yang lain termasuk hybrid,” ujar dia menanggapi pertanyaan Mobil123.com pada hari pertama Gaikindo Jakarta Auto Week (GJAW) 2023, Jumat (10/3/2023) di Senayan.

Anton mengakui ada sebagian peminat Kijang Innova Zenix hybrid yang menunda pembelian karena menantikan kepastian subsidi.

Ia berharap kabar dari pemerintah mengenai target subsidi kendaraan listrik bisa membuat mereka kembali ‘bergerak’.

Toyota Kijang Innova Zenix hybrid

“Mudah-mudahan dengan adanya kejelasan ini, terutama pada saat peraturan tertulisnya keluar nanti, informasinya jadi jelas bagi konsumen untuk mengambil keputusan,” tandasnya.

Faktanya, tanpa bantuan subsidi pun, inden Kijang Innova Zenix hybrid sangat mengular. Para pemesan multi purpose vehicle (MPV) legendaris tersebut mesti rela menunggu dalam waktu yang terbilang sangat lama.

Anton mengakui masa tunggu Kijang Innova Zenix hybrid menyentuh hingga satu tahun.

TAM selaku distributor dan PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) sebagai produsen kini berkejaran dengan waktu untuk meningkatkan kapasitas produksi.

“Itu (inden setahun) untuk yang hybrid. Kalau yang bensin, kurang-lebih unit kami siap. Tidak ada inden,” tutup Anton. [Xan/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang