Tahun 2016, Balapan Formula 1 akan Lebih Sulit

Berita Otomotif

Tahun 2016, Balapan Formula 1 akan Lebih Sulit

JAKARTA - Seri di tahun 2015 memang masih belum berlangsung, namun FIA telah mengumumkan peraturan baru terkait pembalap muda yang berhak untuk mengikuti ajang bergengsi tersebut. Peraturan tersebut akan mulai diberlakukan mulai tahun 2016 mendatang.

Peraturan tersebut tentu lebih ketat dibandingkan dengan yang ada di Formula 1 saat ini. Dalamnya disebutkan bahwa pembalap haruslah telah mengumpulkan 40 poin selama 3 tahun dari ajang motorsport yang mereka ikuti dan dari level yang mereka raih.

Pengemudi pun diwajibkan untuk teloah berusia 18 tahun, sudah  berpengalaman minimal 2 tahun di kategori junior single-seater, memiliki SIM yang masih berlaku dan telah lulus ujian peraturan Formula 1. Sementara itu peraturan lama seperti menyelesaikan 300 km di mobil F1 juga masih dilanjutkan.

Bobot poin pun dibagi-bagi. Bobot paling tinggi yaitu FIA F2 Championship (60 poin untuk juara), GP2 (50), Kejuaraan FIA F3 Eropa (40), FIA WEC (Hanya untuk LMP1) (40), IndyCar (40), GP3 (30), Formula Renault 3.5 (30), Japanese Super Formula (20), national FIA-certified F4 championships (10), national F3 championships (10)  dan Formula Renault (EuroCup, ALPS atau NEC) (5).

Dengan penerapan ini maka diharapkan pembalap di ajang Formula 1 akan lebih berkualitas lagi. Karena selain sudah memiliki pengalaman yang cukup, para pembalap baru juga telah berusia lebih matang. [Adi/Ikh]

Temukan mobil idaman di Mobil123

Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter.



Adi Hidayat

Adi Hidayat

Pria lugu yang tinggal di Bekasi ini kerap menghadapi kemacetan Jakarta untuk memberikan informasi terkini terkait dunia otomotif Indonesia. Menghirup asap knalpot, merasakan teriknya panas matahari, menerabas hujan hingga menembus kepungan banjir pun telah menjadi bagian dari hidupnya. Meski demikian ia menjalaninya dengan penuh ketabahan dan kesabaran.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual