Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Suksesor Isuzu Panther Disebut akan Datang ke Indonesia, Apa Modelnya?

Berita Otomotif

Suksesor Isuzu Panther Disebut akan Datang ke Indonesia, Apa Modelnya?

JAKARTA - Isuzu akan mengandalkan sebuah model untuk dijadikan sebagai mobil keluarga pengganti Panther di pasar Indonesia.

Direktur PT. Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) Rahmat Samulo mengakui citra Isuzu di Tanah Air sangat lekat dengan Panther, multi purpose vehicle (MPV) legendaris yang ‘lahir’ pada 1991 tapi ‘disuntik mati’ pada Februari 2021.

Menurut dia, jenama asal Jepang ini sendiri berpotensi punya mobil keluarga pengganti. Akan tetapi, suksesor Panther bukan MPV melainkan sport utility vehicle (SUV).

Adapun modelnya ialah Mu-X generasi terbaru yang menjalani debut global pada kuartal keempat 2020.

“Kami punya kemungkinan memperkenalkan mobil keluarga ini melalui Mu-X 4x2. Tetapi, pada kesempatan tahun lalu di GIIAS (Gaikindo Indonesia International Auto Show), kami belum memperkenalkan yang 4x2,” ucap dia dalam konferensi pers awal tahun yang diadakan secara virtual, Rabu (2/2/2022).

All New Isuzu Mu-X 4x4

“Kenapa? Ini karena kami masih ingin fokus pada segmen commercial vehicle (CV/kendaraan komersial) sehingga yang kami perkenalkan terlebih dahulu adalah Mu-X 4x4 dan D-Max, baik single cabin maupun double cabin,” lanjut Samulo.

Dia meminta konsumen perorangan loyalis Isuzu bersabar. Mu-X 4x2 generasi terkini disebut bakal hadir.

“Kalau ditanya kapan, mohon bersabar. Waktunya akan datang,” tegasnya.

Mu-X sebenarnya bukan model yang baru untuk pasar Indonesia. SUV sekelas Toyota Fortuner maupun Mitsubishi Pajero Sport ini sesungguhnya sudah eksis di Bumi Pertiwi sejak 2014.

Akan tetapi, Isuzu memang merek yang memutuskan fokus menggarap pasar kendaraan niaga.

Ini pula yang menjadi salah satu latar belakang mandeknya pengembangan model Panther. Berubahnya standar emisi gas buang dari Euro 2 ke Euro 4 mulai April 2022 membuat posisi model itu bertambah sulit.

All-New Isuzu Mu-X

Bahkan, Mu-X sejauh ini dikatakan lebih mengincar pasar fleet (korporasi) ketimbang retail (konsumen individu).

“(Mu-X dan D-Max menyasar) partner kami di pertambangan, perkebunan, oil and gas, serta tentunya perusahaan rental,” ujar Wakil Presiden Direktur IAMI Jap Ernando Demily.

Pascahilangnya Panther awal tahun lalu, Isuzu menjual lima model di pasar Indonesia. Ada Mu-X, D-Max, Elf, Giga, maupun Traga.

Pada 2021, total penjualan retail Isuzu menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia mencapai 27.278 unit atau naik 52,8 persen jika dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya (year on year/yoy).

Isuzu menjadi merek mobil terlaris ketujuh nasional dengan pangsa pasar 3,1 persen. Sebanyak 84 persen pasar tahun lalu yang mencapai 863.348 unit--naik 49,3 persen yoy--dikuasai lima merek teratas (Toyota, Daihatsu, Mitsubishi Motors, Honda, Suzuki). [Xan]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang