Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Sudah Pakai 'Smart Key', Mobil Malah Tidak Bisa Starter?

Panduan Pembeli

Sudah Pakai 'Smart Key', Mobil Malah Tidak Bisa Starter?

JAKARTA – Mobil-mobil yang diluncurkan belakangan ini telah dilengkapi dengan beragam teknologi terbaru. Salah satunya adalah penggunaan ‘Smart Key’.

Smart key bertujuan untuk meminimalisasikan peran kunci kontak untuk menghidupkan dan mematikan mesin mobil. Caranya adalah dengan menyematkan sensor pada remote mobil yang berfungsi untuk mengirimkan sinyal ke alat penerima.

Selain remote harus dibawa ke dalam kabin, untuk menyalakan mesin pedal rem harus diinjak, khususnya untuk mobil bertransmisi otomatis. Tanpa menginjak pedal rem maka mesin tidak akan dapat distarter dan tombol starter juga tidak akan memberikan respon starter meskipun pedal rem sudah ditekan.

Namun, proses tersebut kadang mengalami kendala. Salah satu yang paling sering terjadi adalah pedal rem terasa keras dan sulit ditekan. 

Kondisi tersebut menjadikan mesin mobil tidak dapat dinyalakan. Umumnya, gangguan ini terjadi akibat pedal rem diinjak berulang-ulang saat mesin sedang mati.

Cara mengatasinya sebenarnya cukup mudah. Hanya dengan menginjak pedal rem terus menerus hingga pedal remnya turun dan lampu rem menyala. 

Selanjutnya lampu pada tombol start-stop akan menyala atau muncul tanda peringatan pada dashboard yang menandakan bahwa mesin siap dinyalakan. Setelah muncul indikator untuk siap di starter silahkan dilanjutkan dengan menekan tombol starter dan pastinya mesin sudah berhasil distarter.

Nah, jadi tidak perlu panik lagi bukan? [Adi/Syu]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang