Stok Daihatsu Xenia Lawas Masih Ada, Diskonnya Disebut Besar

Berita Otomotif

Stok Daihatsu Xenia Lawas Masih Ada, Diskonnya Disebut Besar

KEBUMEN - Daihatsu pada November kemarin masih mencatatkan penjualan Xenia model lawas.

Merek asal Jepang ini, pada 11 November 2021 kemarin, baru saja meluncurkan Xenia generasi ketiga bersamaan dengan dimulainya Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Banderol on the road (OTR) Jakartanya Rp190,9-244,2 juta. 

All New Daihatsu Xenia

Namun, menurut Marketing and Customer Relations Division Head PT. Astra International - Daihatsu Sales Operations (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, model generasi keduanya masih tersedia di diler-diler mereka. Diskon dari tenaga penjual ia katakan besar, tapi nominalnya tidak ia beberkan.

Tipe-tipe yang masih tersimpan di jaringan penjualan juga tidak ia jabarkan.

"Untuk bulan pertama (November) memang masih ada dua model (yang dijual)," lanjut dia di sela-sela test drive All New Xenia dengan rute Kebumen-Semarang, Rabu (1/12/2021).

"Saya harus cek dulu jumlah stoknya. Tapi sebenarnya enggak banyak sama sekali," aku Hendrayadi.

Bulan lalu, penjualan retail (distribusi diler ke konsumen) Xenia lama diklaim Hendrayadi mencapai 1.087 unit. Mereka dinilai sebagai para pencari mobil yang mengedepankan fungsi serta potongan harga semata.

"Artinya apa, kalau orang yang mencari model lama itu lebih karena melihat fungsionalitasnya, ya. Enggak melihat baru atau lama yang penting mobilnya Xenia, 7-seater, MPV, harga terjangkau. Bagi mereka, tidak penting model baru," papar dia.

Xenia generasi pertama mengaspal di Indonesia pada akhir 2003 bersama-sama dengan sang 'kakak' Toyota Avanza, dengan penjualan yang dimulai pada awal 2004. Daihatsu terus-menerus menyegarkannya hingga generasi kedua Xenia hadir pada 2011. Adapun Xenia generasi kedua yang stoknya masih tersedia hingga detik ini adalah model penyegaran 2019. [Xan/Ses]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia, kemudian di Suara.com (2016 - 2018), hingga akhirnya resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar