Spesifikasi Yamaha Xabre

Berita Otomotif

Spesifikasi Yamaha Xabre

DENPASAR - Yamaha benar-benar menggempur pasar Indonesia. Setelah memperkenalkan Yamaha Aerox 125LC, pabrikan berlambang garpu tala ini kembali meluncurkan motor baru yakni Yamaha Xabre. Valentino Rossi langsung yang meluncurkannya.

Yamaha Xabre ini merupakan versi model naked bike dari Yamaha R15. Tidak seperti R25 yang punya versi naked berjuluk MT25, maka untuk R15 naked namanya diubah jadi Xabre.

"Dengan tawaran riding style baru yang didukung keunggulan dan keunikan teknologi lainnya, Yamaha Xabre sangat layak menjadi pilihan nomor 1 motor sport bagi konsumen muda di Indonesia," kata Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Xabre menggunakan mesin yang serupa Vixion dan R15 yakni 150 cc LC4V Fuel Injection dengan Cylinder Bore 57 mm langkah Piston 58,7 mm DiASil Cylinder and Forged Piston dengan transmisi enam percepatan yang menghasilkan tenaga maksimum 12,0 kW atau setara 16,35 PS pada 8.500 rpm dan torsi maksimum 14,30 Nm pada 7.500 rpm. 

Dari sisi desain tangki bahan bakar Xabre dibentuk pendek tapi tinggi (45 milimeter lebih tinggi dari R15) serta dikombinasi Air Scoop yang membujur pendek dan bagian ekor yang pendek juga. Kesan kuat coba ditampilkan dengan penggunaan USD (UpSide Down) untuk suspensi depan yang berdiameter inner tube 37 mm.

Jarak antara head lamp dengan setang hanya 250 mm atau lebih pendek setengahnya dari R15.  Posisi lampu belakang tepat sejajar dengan shaft roda belakang guna mengesankan bagian ekor yang pendek. Hasilnya mengimpresikan kesan padat dan terfokus kuat di bagian tengah.

Sementara bagian lain menghadirkan Compact Full Digital LCD dengan digital Instrument Cluster type Negative yang memiliki tiga tingkat kecerahan. 

Posisi duduk Xabre yang tegak dengan setang lebar diklaim sangat nyaman untuk berkendara di jalan perkotaan yang padat tapi enak diajak bermanuver lincah. Lampu depan dan belakang juga sudah menggunakan teknologi LED.

Yamaha Xabre memiliki panjang 1.959, lebar 795 mm, dan tinggi 1.065 mm. Tinggi tempat duduk 805 mm serta memiliki bobot 135 kilogram. 

Kapasitas tangkinya sendiri 10,2 liter. Xabre diklaim menyenangkan dikendarai atau "Fun Riding Performance” (3D Riding Enjoyment). Berbasis mesin langkah panjang menghasilkan akselerasi atau tarikan yang ideal. Sementara kaki-kakinya diperkuat ban bertapak lebar (depan 110/70 belakang 130/70).

Yamaha Xabre dipasarkan di Indonesia dengan tiga pilihan warna yakni Matt Grey, Silver, dan Matt Black. Harga yang dipatok YIMM untuk Yamaha Xabre yakni Rp 29,8 juta on the road Jakarta.

Berikut spesifikasi Yamaha Xabre di Indonesia:

Dimensi
Panjang x lebar x tinggi : 1.959 mm x 795 mm x 1.065 mm
Jarak sumbu roda : 1.350 mm
Jarak terendah ke tanah : 164 mm
Tinggi tempat duduk : 805 mm
Berat isi : 135 kg
Kapasitas tangki bensin : 10,2 Liter
Mesin
Tipe mesin : 4 langkah berpendingin cairan, SOHC
Jumlah silinder : Tunggal
Diameter x langkah : 57,0 mm x 58,7 mm
Perbandingan kompresi : 10,4:1
Daya maksimum : 12,0 kW pada 8.500 rpm
Torsi maksimum : 14,3 Nm pada 7.500 rpm
Sistem starter : Elektrik starter
Sistem pelumasan : Basah
Kapasitas oli mesin : 1,15 Liter
Sistem bahan bakar : Fuel Injection
Tipe kopling : basah, manual, multiplat
Tipe transmisi : Constant mesh 6-kecepatan.
Rangka
Tipe rangka : Diamond
Suspensi depan : Teleskopik
Suspensi belakang : Swingarm
Ban depan : 110/70-R17
Ban belakang : 130/70-R17
Rem depan : single disc brake
Rem belakang : single disc brake
Kelistrikan
Sistem pengapian : TCI
Battery : GTZ4V/YTZ4V
Tipe busi : NGK/CR9E [Syu/Idr]

 



Syubhan Akib

Syubhan Akib

Pria berkacamata yang mencintai dunia otomotif dan sangat suka memandang mobil klasik serta mempelajari sejarah otomotif dunia. Kemacetan adalah sahabat, kecepatan adalah kesukaan dan liburan akhir pekan adalah impian.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Chat Bantuan
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Chat Bantuan
Support