Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Spesifikasi, Fitur, dan Harga Kia Carnival Facelift, MPV Mewah Muat 11 Penumpang

Panduan Pembeli

Spesifikasi, Fitur, dan Harga Kia Carnival Facelift, MPV Mewah Muat 11 Penumpang

PT Kreta Indo Artha (KIA) memberikan penyegaran pada lini MPV mewahnya yaitu Kia Carnival pada 29 April 2024, Kia Carnival ini merupakan generasi keempat sejak debutnya pada 1998 silam.

Berikut Mobil123 akan membahas tentang spesifikasi, fitur, dan harga dari mobil yang bisa mengangkut 11 penumpang ini, dimulai dari spesifikasinya terlebih dahulu.

Spesifikasi Kia Carnival

Dimensi dan Kaki-kaki

Kia Carnival facelift tetap mempertahankan dimensi yang tidak berubah dari model sebelumnya, dengan panjang 5.155 mm, lebar 1.995 mm, tinggi 1.750 mm, dan jarak sumbu roda (wheelbase) 3.090 mm. Dimensi ini memberikan ruang kabin yang luas dan kenyamanan maksimal bagi penumpang.

Bagian kaki-kaki Kia Carnival didukung oleh suspensi depan tipe MacPherson Strut dan suspensi belakang tipe Multi Link, yang memastikan kenyamanan dan kestabilan berkendara di berbagai kondisi jalan. Sistem pengereman sudah dilengkapi dengan rem cakram berventilasi di bagian depan dan rem cakram di bagian belakang, menjamin performa pengereman yang optimal.

Mesin dan Performa

Kia Carnival facelift tetap mengandalkan mesin sebelumnya yaitu Diesel Smartstream Engine D berkapasitas 2,200 cc CRDi. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 194 PS dan torsi maksimum 441 Nm. Tenaga dan torsi tersebut disalurkan ke penggerak dua roda depan melalui transmisi otomatis 8-percepatan, memberikan respons yang halus dan efisien.

Untuk menunjang berbagai kebutuhan berkendara, Kia Carnival dilengkapi dengan empat mode berkendara: ECO, Comfort, Sport, dan Smart. Mode ini memungkinkan pengemudi untuk menyesuaikan performa kendaraan sesuai dengan situasi dan preferensi berkendara mereka.

Kapasitas tangki bahan bakar yang besar, yaitu 80 liter, membuat Kia Carnival sangat cocok untuk perjalanan jarak jauh atau road trip bersama keluarga, mengurangi frekuensi pengisian bahan bakar selama perjalanan.

Eksterior Kia Carnival

MPV ini mengusung konsep ‘Modern Boldness’ yang terinspirasi dari bahasa desain ‘Opposites United’, sehingga New Kia Carnival hadir dengan tampilan eksterior yang lebih  sporty, dan modern. Bagian depan Kia Carnival sekarang dilengkapi dengan identitas Tiger Nose Grille baru, yang memberikan tampilan segar dan futuristik.

Lampu depan Kia Carnival kini hadir dengan desain berbeda dengan sebelumnya. Kini berbentuk vertikal seperti Cadillac Escalade, yang seluruhnya telah menggunakan teknologi LED Proyektor dengan High Beam Assist. Lampu ini dikombinasikan dengan lampu DRL bergaya Star Map Lamp LED, memberikan visibilitas yang optimal sekaligus menambah kesan mewah dan modern.

Di bagian belakang, Kia Carnival juga mengusung bahasa desain baru yang membuatnya terlihat lebih kompak. Lampu belakangnya mengadopsi gaya Star Map Lamp LED yang selaras dengan lampu DRL di bagian depan, memberikan tampilan yang konsisten dan elegan.

Pada bagian samping, Kia Carnival facelift dibekali dengan desain pelek baru yang hadir dengan kombinasi warna two tone. Versi 11-seater mengadopsi pelek berukuran 18 inci yang dipadukan dengan ban ukuran 235/80, sementara versi 7-seater hadir dengan diameter pelek yang lebih besar, yaitu 19 inci, yang dikawal oleh ban ukuran 235/55. Desain ini tidak hanya menambah kesan sporty tetapi juga meningkatkan performa berkendara.

Fitur Pintar

Kia Carnival terbaru dilengkapi dengan berbagai fitur pintar yang memudahkan akses dan penggunaan. Bagian bagasi kini sudah mendapatkan fitur Smart Power Tailgate, memungkinkan pengemudi atau penumpang membuka bagasi tanpa perlu memencet tombol atau melakukan gestur tambahan, cukup dengan memegang kunci.

Begitu juga pada bagian sliding door kanan dan kiri yang sudah disematkan fitur Smart Power Sliding Door, yang memungkinkan penumpang membuka pintu geser hanya dengan memegang kunci tanpa perlu memencet tombol atau melakukan gerakan tubuh tambahan. Fitur ini sangat berguna terutama ketika membawa banyak barang atau dalam situasi yang memerlukan kemudahan akses cepat.

Selain melakukan penyegaran pada sisi eksterior, PT Kreta Indo Artha (KIA) juga memberikan berbagai peningkatan signifikan pada bagian interior dan fitur keselamatan New Kia Carnival.

Interior Kia Carnival

Desain Dashboard dan Teknologi Layar

New Kia Carnival mendapatkan ubahan besar pada bagian interior, terutama pada desain dashboard yang kini lebih mewah dan modern. Desain ini merupakan adaptasi dari perpaduan bahasa desain interior Kia EV6 dan Kia EV9, memberikan kesan futuristik dan premium.

Salah satu fitur utama adalah Panoramic Curved Display yang merupakan perpaduan antara 12,3 inci Curved Display Premium Cluster dan 12,3 inci Infotainment Display with Wireless Connection Apple CarPlay & Android Auto. Layar ini tidak hanya memberikan tampilan yang jernih dan informatif, tetapi juga memudahkan pengemudi dalam mengakses berbagai informasi dan hiburan.

Sistem Audio Premium

Untuk varian Premiere, New Kia Carnival dilengkapi dengan Premium Sound System dari BOSE yang terdiri dari 12 speaker. Sistem audio ini memberikan kualitas suara yang luar biasa, meningkatkan pengalaman berkendara dengan suara yang jernih dan berkualitas tinggi.

Pengaturan Air Conditioning dan Jok

Pada bagian pengaturan air conditioning, New Kia Carnival mengadopsi tombol pengaturan Infotainment & Climate Switchable Control yang sama seperti pada Kia EV6. Pengaturan ini memudahkan pengguna dalam mengontrol suhu kabin dengan lebih intuitif.

Jok pengemudi dan penumpang depan dilengkapi dengan fitur Electric Adjustable Seat with Memory and Lumbar Support, memungkinkan pengaturan posisi duduk yang optimal dan nyaman. Fitur relaxation comfort seat pada jok baris kedua untuk varian 7-seater, lengkap dengan ventilated dan heated seat, menambah kenyamanan terutama saat perjalanan jarak jauh. Harga satu buah jok elektrik ini bisa mencapai ratusan juta.

Sunroof dan Fitur Kenyamanan Lainnya

New Kia Carnival juga dilengkapi dengan Dual Wide Sunroof yang memberikan kesan lebih lapang dan mewah pada bagian interior. Fitur ini menambah pengalaman berkendara dengan memberikan pemandangan langit yang luas.

Untuk kenyamanan tambahan, tersedia berbagai fitur seperti Wireless Charging, Digital Center Mirror, serta Side Manual Sun Shade Curtain pada baris kedua dan ketiga. Fitur-fitur ini memastikan kenyamanan dan kemudahan bagi semua penumpang selama perjalanan.

Fitur Kia Carnival

Sistem Keselamatan Canggih

Untuk fitur keselamatan Kia Carnival sudah dibekali dengan fitur-fitur yang canggih dan dikombinasikan dengan ADAS. ADAS ini mencakup berbagai fitur seperti:

  • Smart Cruise Control with Auto Stop and Go: Mengatur kecepatan dan menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan, serta dapat berhenti dan berjalan otomatis dalam kondisi lalu lintas macet.
  • Lane Following Assist (LFA) dan Lane Keeping Assist (LKA): Membantu menjaga kendaraan tetap pada jalurnya.
  • Forward Collision-avoidance Assist with Junction Turning: Mencegah tabrakan dengan kendaraan lain saat berbelok di persimpangan.
  • Blind Spot Collision-avoidance Assist (BCA) dan Blind Spot View Monitor (BVM): Membantu pengemudi untuk mengetahui keberadaan kendaraan di titik buta.
  • Rear Cross Collision-avoidance Assist (RCCA): Mencegah tabrakan saat mundur dari tempat parkir.
  • Driver Attention Warning (DAW): Memberikan peringatan jika mendeteksi tanda-tanda pengemudi mengantuk atau tidak fokus.

Fitur Keselamatan Lainnya

Selain ADAS, New Kia Carnival juga dilengkapi dengan fitur-fitur keselamatan unggulan lainnya seperti Rear Occupant Alert, yang mengingatkan pengemudi jika ada penumpang yang tertinggal di kursi belakang, serta Safe Exit Assist yang mencegah pintu terbuka ketika ada kendaraan mendekat dari belakang.

Fitur Parking Distance Warning dan kamera parkir 360 atau Surround View Monitor pada varian Premier, memudahkan pengemudi saat memarkirkan kendaraan di ruang yang sempit.

Fitur Keselamatan Pasif

Pada sektor keselamatan pasif, MPV mewah ini dilengkapi dengan 8 titik Airbag, hal ini merupakan upgrade dari sebelumnya yang hanya memiliki 7 titik Airbag. Hal ini memberikan perlindungan lebih baik bagi pengemudi dan penumpang dalam situasi kecelakaan.

Harga dan Pilihan Warna Kia Carnival Facelift

New Kia Carnival, yang mendapatkan berbagai ubahan signifikan dan fitur baru, kini hadir di pasar Indonesia dengan harga yang kompetitif untuk segmen MPV mewah. Tidak hanya menawarkan kenyamanan dan performa, tetapi juga memberikan berbagai pilihan yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi konsumen.

Harga Kia Carnival

Dengan peningkatan pada desain, teknologi, dan fitur keselamatan, New Kia Carnival menawarkan nilai yang sepadan dengan harganya. Berikut adalah harga lengkap dari tiga varian New Kia Carnival yang tersedia di pasar Indonesia:

  • Kia Carnival Premiere 7-seater: Rp1,155 M
  • Kia Carnival Premiere 11-seater: Rp998 juta
  • Kia Carnival Dynamic 11-seater: Rp960 juta

Harga tersebut adalah harga On The Road (OTR) Jakarta, yang sudah termasuk garansi kendaraan selama 5 tahun tanpa batasan kilometer dan gratis jasa perawatan berkala hingga 4 tahun atau 50.000 kilometer, mana yang tercapai lebih dulu.

Menurut data penjualan sebelumnya, 80 persen dari penjualan Kia Carnival didominasi oleh tipe 11-seater. Hal ini menunjukkan tingginya minat konsumen terhadap kapasitas penumpang yang lebih besar, terutama untuk keperluan keluarga besar atau perjalanan kelompok.

Pilihan Warna Kia Carnival

Kia Carnival facelift tidak hanya menawarkan performa dan kenyamanan, tetapi juga memberikan pilihan warna yang menarik bagi konsumennya. Berikut adalah empat pilihan warna yang tersedia untuk New Kia Carnival:

  • Snow White Pearl
  • Ceramic Silver
  • Aurora Black Pearl
  • Astra Blue

Selain pilihan warna standar yang telah disediakan, PT KIA juga memberikan opsi bagi konsumen yang ingin memesan warna interior lain yang tidak tersedia dalam pilihan standar. Namun, untuk opsi kustom ini, konsumen harus bersedia menunggu lebih lama dan menyerahkan uang muka (DP) yang tidak bisa dikembalikan.

Kesimpulan

New Kia Carnival menawarkan kombinasi yang unggul antara desain, performa, dan fitur keselamatan. Dengan harga yang kompetitif untuk segmen MPV mewah dan berbagai pilihan warna yang menarik, Kia Carnival facelift bisa menjadi alternatif untuk para konsumen dalam memiliki MPV mewah untuk keluarga. 

F&Q

Tersedia dalam berapa varian KIA Carnival?

KIA Carnival baru tersedia dalam 3 varian yaitu Kia Carnival Premiere 7-seater, Premiere 11-seater, Dynamic 11-seater.

Berapa harga Kia Carnival?

Kia Carnival dijual dengan harga mulai dari Rp960 juta untuk varian Dynamic 11-seater, Rp998 juta varian Premiere 11-seater dan varian paling tinggi Premiere 7-seater Rp1,155 M.

Menggunakan mesin apa KIA Carnival?

KIA Carnival menggunakan mesin diesel smartstream Engine D 2,200 cc CRDi. dengan tenaga 194 PS serta torsi 441 Nm.

Tersedia berapa pilihan warna KIA Carnival?

KIA Carnival memiliki 4 pilihan warna yaitu Snow White Pearl, Ceramic Silver, Aurora Black Pearl, dan Astra Blue.
 

[Ryn/YS]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang