Smart Fortwo Buktikan Kualitas di Tes Tabrak

Berita Otomotif

Smart Fortwo Buktikan Kualitas di Tes Tabrak

BRUSSELS – Smart Fortwo membuktikan kualitas rangka pada sesi tes tabrak Euro NCAP.

Mobil mungil atau yang biasa disebut city car memang menawarkan kepraktisan dalam berkendara, khususnya di kota-kota besar nan padat. Mobil ini juga membuat penggunanya leluasa dalam bermanuver.

Namun dengan bodi yang imut, banyak orang meragukan faktor keselamatan dari mobil jenis ini. Calon konsumen merasa khawatir kendaraan tersebut mampu melindunginya dari fatalitas ketika mengalami kecelakaan.

Namun anggapan tersebut dimentahkan oleh Daimler selaku produsen kendaraan Smart Fortwo. Mobil yang hanya bisa menampung dua orang ini mematahkan cibiran banyak orang, melalui tes tabrak Euro NCAP baru-baru ini.

Pihak Daimler menegaskan bahwa Smart adalah mobil yang sangat aman. Hal ini berkat struktur kendaraan Tridon Safety Cell yang dipasangkan di sekitar pengemudi dan penumpang. Teknologi ini dikembangkan untuk memberikan perlindungan kepada orang yang berada di dalam mobil ketika terjadi insiden.

Smart juga dibantu dengan penempatan mesin di belakang. Sehingga ketika terjadi benturan di depan, baik pengendara maupun penumpang tidak terjepit oleh mesin. Tridion sendiri diibaratkan sangkar yang melindungi dan menjaga konsumen tetap pada posisi semula.

Dalam video yang kami sisipkan di bagian bawah tulisan, dapat dilihat bahwa dalam beberapa kali percobaan, Smart mampu mempertahankan bentuk rangkanya. Baik tabrakan dari depan, samping hingga belakang mobil itu. Sasis pintar Smart tidak berubah bentuk sehingga terlihat sangat menjaga pengemudi dan penumpangnya.

Smart Fortwo berhasil mendapatkan bintang maksimal dengan total skor 82 persen dalam melindungi orang dewasa. Satu-satunya masalah ketika mobil tersebut mengalami benturan dari samping. Kendaraan ini cukup riskan saat menghadapi masalah tersebut.

[Dew/Ari]



Denny Basudewa

Denny Basudewa

Cowok kelahiran Bogor, Jawa Barat ini gemar mendalami seluk beluk dunia otomotif. Dunia jurnalistik telah menjadi passion hidupnya sehingga ingin terus memberikan informasi seputar otomotif pada masyarakat.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual