Setir Kiri vs Setir Kanan (4-habis)

Berita Otomotif

Setir Kiri vs Setir Kanan (4-habis)

JAKARTA – Setelah mengetahui sejarah penggunaan lajur jalan dan kemudian diterapkan di negara-negara dunia termasuk Indonesia, terakhir kita akan menelisik hal-hal unik apa saja yang terjadi akibat dari penggunaan aturan lajur jalan ini.

Fakta menyebutkan ada beberapa aturan yang terpaksa dilanggar salah satunya karena hal tersebut sudah tidak bisa dihindari lagi. Berikut ini rangkuman beberapa contoh keanehan yang terjadi di seluruh belahan dunia.

Di Indonesia kita dapat menemukan  jalan yang mengharuskan berkendara di lajur kanan yaitu di Jalan Praban, Surabaya dan di Jalan Elang Raya, Bandung.

Kemudian di  negara Left Hand Traffic (LHT) atau lalu lintas lajur kiri, jika Anda sedang mengendarai mobil hendaknya lebih waspada terhadap sepeda yang berhenti di sisi kiri jalan. Coba perhatikan, posisi rantai sepeda berada di posisi sebelah kanan. Jika ada masalah pada rantai, kebanyakan pengendara sepeda akan berada di badan jalan saat melakukan perbaikan.

Fakta aneh lainnya, meski di Bolivia menganut lalu lintas Right Hand Traffic atau lajur kanan, semua kendaraan yang melalui di jalur maut Yungas harus berjalan di lajur kiri agar pengemudi dapat melihat dengan baik tepi jalan tanpa pagar pembatas. Karena jika meleset mobil akan langsung terjun bebas ke dalam jurang dengan ketinggian 600 meter.

Lain halnya dengan di Myanmar,  lalu lintas disana beralih dari lajur kiri ke kanan mereka lakukan karena hal aneh. Ini terjadi ketika tahun 1970, pemimpin junta militer Jendral Ne Win mendapat nasihat dari paranormal kepercayaannya untuk mengubah posisi lajur menjadi RHT.  

Demi kelancaran pemerintahannya, Sang Jenderal akhirnya mengabulkan nasehat tersebut. Meski begitu, mayoritas mobil yang beredar di negara yang juga dikenal bernama Burma ini hingga sekarang masih didominasi kendaraan dengan setir kanan.

Dan terakhir di Amerika Serikat, asal tahu saja mobil-mobil pertama yang berseliweran di AS awalnya sempat didominasi setir kanan. Ini kemudian berubah saat mobil laris Ford Model T yang bersetir kiri mengambil alih.

Terakhir yang unik di negara Paman Sam adalah hingga kini mobil pengantar surat US Postal Service menggunakan kendaraan bersetir kanan meski berjalan di lajur kanan. Konfigurasi ini dipertahankan untuk memudahkan Tukang Pos menjangkau kotak pos yang berada di sebelah kanan atau petugas tak perlu berjalan mengitari kendaraan saat akan mengantarkan surat. [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual