Mobil123.com
Aplikasi Mobil123.com
Prediksi Harga Kendaraan Anda
4.4
33,336

Setelah IIMS 2022, Selanjutnya Bakal Ada Pameran Kendaraan Listrik

Berita Otomotif

Setelah IIMS 2022, Selanjutnya Bakal Ada Pameran Kendaraan Listrik

JAKARTA - Setelah pameran Internasional Indonesia Motor SHow (IIMS) Hybrid 2022, selanjutnya akan diselenggarakan pameran otomotif khusus kendaraan listrik.

Pameran otomotif hasil kolaborasi antara Perkumpulan Industri Kendaraan Listrik Indonesia (Periklindo) dengan Dyandra Promosindo dan Jakarta International Expo (JIExpo) rencananya siap dihelat pada 12—22 Mei 2022.

"Kami dipercaya akan melaksanakan khusus pameran Electrical Vehicle (EV) bertajuk Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) yang benar-benar 100 persen isinya kendaraan listrik," ucap Presiden Direktur Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh, di JIExpo Kemayoran, belum lama ini.

Kohen, sapaan akrab Hendra mengatakan, di Eropa pada 2030 sudah tidak boleh mencetak mobil bermesin bensin.  Di tahun yang sama, Toyota secara global sebanyak 30 persen memproduksi EV.

"Kita sudah pasti akan ke arah sana (EV). Apa kita mau jadi penonton, ketinggalan lagi dan hanya konsumsi jadi pasar, atau mau jadi pemain? Harus diusahakan dari sekarang, Toyota dengan Kijang Innova sudah memberi sinyal," paparnya.

Dengan digelarnya pameran PEVS, akan sejalan dengan peta jalan pemerintah melalui Peraturan Menteri Perindustrian No. 27 tahun 2020 mengenai Spesifikasi teknis, Roadmap Electric Vehicle dan Perhitungan tingkat kandungan lokal. 

Pasalnya, melalui peraturan tersebut, pemerintah menargetkan produksi Battery Electric Vehicle (BEV) pada tahun 2030 dapat mencapai 600 ribu unit untuk roda empat atau lebih, serta 2,45 juta unit untuk roda dua. 

Selain itu juga, untuk menyambut Indonesia yang terpilih menjadi Presidensi G20 tahun 2022, jadi salah satu fokus utama yang menjadi pembahasan di KTT G20 yakni perubahan iklim.

"Industrialisasi kendaraan listrik akan dimulai dari sini (Indonesia). Tidak hanya impor, tapi bisa ekspor EV," ucap Kohen.

Pemerintah juga tengah gencar untuk melakukan percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle/BEV) untuk Transportasi Jalan.

Tahun ini saja, akan ada tiga pabrikan mobil listrik yang di launching di Indonesia. Setelah Hyundai dan Toyota, September tahun ini akan ada yang membuka pabrik serupa. [Tih/Dms]



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang