Sesaat Menikmati UD Trucks Quester GKE 280

Review

Sesaat Menikmati UD Trucks Quester GKE 280

JAKARTA – UD Trucks memberikan kesempatan kepada awak media termasuk Mobil123.com untuk sesaat berkendara bersama Quester GKE 280 4x2.

Truk berwarna biru cerah doff lengkap dengan cutting sticker layaknya seuah kendaraan balap ini memang cukup familiar. Tractor Head andalan UD Trucks ini sebelumnya hadir pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 lalu.

Secara umum dan singkat, Quester GKE 280 4x2 dapat dirasakan memiliki kenyamanan serta ketangguhan saat beroperasi. Memang kami tidak bisa merasakan semua keunggulan Quester GKE 280 4x2 secara utuh karena keterbatasan tempat uji. Namun setidaknya sudah bisa sebentar berkendara dan mendapatkan gambaran singkat termasuk informasi dari instruktur dan teknisi UD Trucks. 

Kenyamanan didatangkan melalui ruang kabin yang lebarnya 2,5 meter dan juga kelengkapan pendingin udara. Pengemudi juga bisa dengan mudah mendapatkan posisi duduk terbaik karena memiliki keleluasaan untuk mengatur setir dan kursi. Untuk kursi sendiri UD Trucks telah menyiapkan Air Suspension Driving seat yang menjamin kenyamanan selama berkendara.

Selain itu kabin truk ini juga aman. UD Trucks  menyebutkan bahwa predikat aman didapat dari serangkaian ujicoba termasuk telah melalui uji tabrak.

Quester GKE 280 4x2 dibekali mesin I-6 diesel common rail yang menurut UD Trucks dapat beradaptasi dengan solar B20 yang ada di Indonesia. Memiliki tenaga maksimal hingga 280 hp pada 2.200 rpm dan torsi 1.050 Nm pada rentang rpm 1.100 -1.700. Disandingkan sistem transmisi 9-kecepatan synchronized dan direct drive. Girboks ini memang dirancang khusus untuk digunakan pada truck dengan besaran torsi 1.000 Nm.

Struktur chassis Quester GKE 280 4x2 diperkuat oleh tiga pilar utama. Yang pertama adalah chasis dengan ukuran 300 mm x 90 mm x 8 mm, lebar dan stabil yang menjadi tulang punggung utama. Tersedia dengan ukuran panjang yang bervariasi tergantung dari aplikasi pada truck.

Pilar kedua adalah sistem suspensi UD Trucks yang terkenal tangguh. Quester GKE 280 4x2 menggunakan kombinasi suspensi depan dengan parabolic spring leaf  berkapasitas hingga 8 ton. Beralih ke suspensi belakang, truk ini menggunakan dual stage multi leaf dengan 16 lembar per yang mampu menahan beban hingga 13 ton.

Pilar ketiga yakni heavy duty axle. Quester GKE 280 4x2 dilengkapi dengan solo axle single reduction dan single gear. UD Trucks menjamin roda giginya pada part ini memiliki reabilitas tinggi dan usia pakai yang lebih panjang. Axle ini menjamin Quester GKE 280 4x2 dapat membawa beban dengan kapasitas maksimal hingga 13 ton.

Menurut instruktur yang mendampingi, kinerja Quester GKE 280 4x2 akan tambah mantap dan empuk ketika kendaraan sedang membawa beban. 

“Rasanya suspensi Quester GKE 280 4x2 akan lebih nyaman saat menarik conteiner. Stabilitasnya juga terasa mantap, rasanya supir bakal ketagihan jika sudah membuktikannya sendiri saat beroperasi,” ujar instruktur UD Trucks.  [Ari]

Temukan mobil idaman di Mobil123
Mari bergabung bersama kami di Facebook dan Twitter

 



Krisna Arie

Krisna Arie

Senang semua benda bermesin dan beroda sejak duduk di bangku sekolah dan memulai bekerja di media dengan segmen otomotif sejak tahun 2002. Pria sederhana ini selalu percaya pekerjaan akan lebih sempurna jika didasari dengan passion.


Berita Utama


Komentar

Support
Chat Support
Support Support
0 Support
Support
Chat Aktif0
Diarsipkan
Hapuskan chat?
Chat
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual