Jangan Remehkan Servis Mobil Pertama 1.000 Km

Panduan Pembeli

Jangan Remehkan Servis Mobil Pertama 1.000 Km

JAKARTA – Produsen otomotif menganjurkan agar orang-orang yang baru saja membeli kendaraan tak meremehkan servis pertama ketika jarak tempuh mencapai 1.000 km, seperti tertera di buku manual.

Toto Yulianto, Section Head of Service Administration PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS), mengatakan bahwa dalam buku panduan mobil setiap merek mengatur tentang servis pertama di 1.000 km, termasuk Suzuki. Servis ini juga masih gratis alias tidak dipungut biaya, termasuk pada mobil-mobil Suzuki.

Tapi, pada kenyataannya masih ada konsumen yang tidak mengindahkannya. Selain karena merasa mobil masih terhitung baru, pada servis 1.000 km tidak ada penggantian ganti oli dan hanya bersifat pemeriksaan.

Toto menyayangkan hal ini. Padahal, servis 1.000 km menurutnya adalah demi memastikan kenyamanan dan keselamatan konsumen karena memang konsumen belum dikenakan biaya apa-apa. Pemeriksaannya pun paling-paling hanya memakan waktu setengah jam.

“Untuk servis 1.000 km, semua bagian mesin kami periksa. Seperti van belt, v-belt, kami cek lagi apakah tekanannya masih normal atau tidak. Semua baut juga kami cek, engine mounting, baut roda, semuanya. Lalu kami cari tahu apakah ada kebocoran oli di mesin. Air radiator kami cek juga, ada bocor atau tidak,” papar dia dalam Workshop Otomotif dalam rangka Ulang Tahun Forum Wartawan Otomotif (Forwot) ke-16 di Bogor, Sabtu (29/6/2019).

Ia tak lupa mengingatkan para pemilik kendaraan agar melakukan servis rutin di bengkel resmi. Manfaat mendatangi bengkel resmi untuk perawatan berkala setidak-tidaknya ada empat dan dua yang pertama adalah mempertahankan garansi dari pabrikan serta mempertahankan nilai jual kembali kendaraan.

Bengkel resmi, sambungnya, juga memberikan jaminan kualitas servis. Terakhir adalah menjaga performa plus keselamatan berkendara.

“Keuntungan perawatan di bengkel resmi adalah mekaniknya tersertifikasi, peralatan lengkap, ruang tunggu nyaman, kualitas terjaga, suku cadang asli, serta jaminan servis dan suku cadang,” tutup Toto.

Suzuki saat ini mempunyai 175 dealer yang melayani penjualan, servis, plus suku cadang (sales, servis, and spare parts/3S). ada pula 23 dealer 2S, 11 dealer 1S+stall, lalu 46 bengkel mitra. [Xan/Ari]



Insan Akbar Krisnamusi

Insan Akbar Krisnamusi

Insan mulai menjadi jurnalis pada 2011 di Harian Umum Media Indonesia dan resmi bergabung ke Mobil123.com sejak Februari 2018. Ia menyelami dunia otomotif sejak 2012 dan paling tertarik dengan isu-isu industri.


Berita Utama


Komentar

Chat Aktif
Diarsipkan
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Hapuskan chat?
Chat Empty
Tidak ada chat yang sedang berlangsung
Mulai pencarian dan chat dengan penjual
Bantuan

Kami akan membantu Anda

klik tombol "Bantuan" untuk berbicara dengan Customer Care kami.
Support