Sejarah Toyota Yaris di Indonesia dari Pertama Muncul hingga Sekarang

Berita Otomotif

Sejarah Toyota Yaris di Indonesia dari Pertama Muncul hingga Sekarang

Sejarah Toyota Yaris di Indonesia menarik untuk disimak. Model penerus dari Toyota Starlet ini sudah cukup lama menghiasi pasar mobil hatchback di Indonesia.

Toyota Yaris merupakan salah satu mobil hatchback yang populer terutama di kalangan anak muda.

Sejak hadir di Indonesia pada 2006, Yaris sudah mengalami beberapa kali pembaruan untuk menyesuaikan dengan kebutuhan pasar di Tanah Air.

Lantas, seperti apa perjalanan sejarah Toyota Yaris di Indonesia sejak pertama muncul hingga sekarang? Berikut ulasan singkatnya.

Yaris Generasi 1

Sebelum muncul di Indonesia, sejarah Toyota Yaris berawal pada penghujung 1997. Saat itu Yaris pertama kali dipamerkan di Frankfurt, Jerman.

Yaris ini dirilis sebagai hatchback pengganti Toyota Starlet.

Pada saat pertama meluncur, Yaris memiliki berbagai macam nama tergantung dengan pasarnya.

Nama Yaris awalnya di pakai di pasar Eropa, sedangkan di pasar Jepang memakai nama Vitz. Untuk pasar Australia, Selandia Baru, Kanada, dan beberapa negara Asia memakai nama yang berbeda lagi, yakni Echo.

Yaris generasi pertama ini memakai beragam jenis mesin, seperti mesin bensin 1SZ-FE 1.000 cc, 2SZ-FE dan 2NZ-FE 1.300 cc, atau 1NZ-FE 1.500 cc. Ada juga varian mesin diesel 1ND-TV 1.400 cc yang hanya ada di pasar Eropa.

Untuk pasar Jepang, Yaris generasi pertama atau Vitz memiliki tipe B, F, U, Clavia, dan RS. Khusus tipe Clavia punya tampilan yang memberikan kesan klasik

Sementara itu, RS adalah varian bergaya sporty.

Vitz RS di pasar Jepang setara dengan Yaris T-Sport di Eropa, Echo RS di Kanada, dan Echo Sportivo di Australia.

Yaris Generasi 2

Sejarah Toyota Yaris berlanjut ke generasi kedua yang pertama kali hadir di Jepang pada 2005. Satu tahun kemudian, Toyota mulai memasarkannya secara global, termasuk ke Indonesia. 

Jadi bisa dikatakan Yaris generasi ini merupakan generasi pertama di Indonesia.

Yaris hadir di Indonesia pada 2006 dengan status impor utuh atau completely built up (CBU) dari Thailand.

Yaris yang dipasarkan di Indonesia kala itu meliputi tipe E dengan transmisi manual dan otomatis, serta tipe S dan S Limited dengan transmisi otomatis.

Tipe S memiliki aksesori tambahan seperti body kit dan foglamp, sedangkan S Limited mendapat fitur Push Start/Stop Button.

Di sektor dapur pacu, Yaris menggunakan mesin yang juga ditemukan pada Toyota Vios , yakni mesin bensin 1,5 L 1NZ-FE dengan teknologi VVT-i.

Facelift pertama Yaris generasi dua diberikan pada 2009. Adapun pembaruannya terdapat di bumper depan, gril, dan lampu belakang.

Pada momen yang sama Toyota juga mendatangkan Yaris tipe J yang tidak dilengkapi dengan Airbag dan memiliki harga di bawah tipe E. Ada juga tipe TRD Sportivo yang punya tampilan lebih sporty.

Memasuki 2012, Yaris kembali mengalami penyegaran. Perubahannya hanya sebatas pembaruan pada desain bumper depan dan foglamp, ditambah bumper belakang dan rearlight mengikuti Vitz di Jepang.

Tipe TRD Sportivo tetap ada, namun kali ini berbasis tipe S, sebelumnya dari tipe J.

Yaris Generasi 3

Memasuki tahun ketujuh di Indonesia, Toyota Yaris diberikan pembaruan besar.

Yaris generasi ketiga diperkenalkan di Tanah Air pada akhir 2013 dan resmi meluncur pada 2014.

Yaris generasi ini mulai dirakit di pabrik Toyota Indonesia yang berada di Karawang, Jawa Barat.

Tipe yang dipasarkan ada tiga, yaitu tipe E, G, dan TRD Sportivo. Untuk pilihan transmisinya ada manual dan otomatis.

Pembaruan yang paling mencolok dari Yaris generasi 3 ada di sektor eksteriornya. Tampilan gril, lampu depan, dan bumper depan menjadi seperti yang ada pada Toyota Vios.

Dengan tampilan tersebut, Yaris menjadi hatchback yang lebih modern dan sporty, cocok untuk generasi muda.

Kemudian pada akhir 2016 muncul varian baru dengan nama Yaris Heykers. Berbeda dengan tipe Yaris sebelumnya. Yaris Heykers ini merupakan model segmen crossover yang memakai mesin 1.5 L 2NR-FE Dual VVT-i. Mesin tersebut juga ditemukan pada Toyota Sienta generasi kedua.

Facelift pertama Yaris generasi 3 terjadi pada 2018. Bodinya mengalami pembaruan seperti bagian depan mirip dengan sedan Yaris ATIV, ditambah dengan lampu belakang yang mengadopsi Toyota Auris generasi kedua dan Toyota Aygo di Eropa.

Di waktu yang bersamaan Toyota memutuskan untuk menghentikan pemasaran Yaris Heykers.

Pada 2020, Yaris generasi ini kembali mendapatkan facelift. Tipe yang ditawarkan semakin sedikit, hanya tipe G dan TRD Sportivo. Sementara itu tipe E dihentikan.

Pada facelift ini, fascia depan masih mengadopsi sedan Yaris ATIV.

Mesin yang disematkan berkapasitas 1.500 cc 4 silinder segaris Dual VVT-I yang dapat menghasilkan daya tertinggi 107 ps per 6.000 rpm dan torsi maksimum 140 Nm per 4.200 rpm.

Tiga tahun setelahnya atau tepatnya pada awal Mei 2023 Yaris mendapatkan penyegaran. Pada versi 2023 ini, Yaris diberikan update pada eksterior dan interior.

Di sektor eksterior misalnya, Yaris terbaru memiliki gril berwarna hitam, dengan stiker sporty di samping bodi. Pilihan warna two-tone juga melengkapi varian warna Yaris saat ini.

Untuk penyegaran di kabinnya ada jok mobil berbahan material fabric atau kulit tergantung varian, head unit lebih besar, fitur Panoramic View Monitor, dan terintegrasi dengan fitur T-Intouch melalui aplikasi mToyota.

Kisaran Harga Toyota Yaris Bekas

Melansir situs web Toyota, Yaris model 2023 dijual dengan harga mulai dari Rp326,1 juta on the road (OTR) Jakarta. Harga tersebut untuk tipe GR Sport varian transmisi manual 3 airbag monotone.

Di lain sisi, Yaris versi bekas memiliki harga yang lebih terjangkau.

Berdasarkan listing Mobil123.com, ada ratusan unit bekas Toyota Yaris yang siap untuk dibeli. Untuk kisaran harga per masing-masing tahun produksinya, mulai dari 2013 ke atas, adalah sebagai berikut.

  • Toyota Yaris 2013 bekas Rp110 juta – Rp150 juta
  • Toyota Yaris 2014 bekas Rp115 juta – Rp178 juta
  • Toyota Yaris 2015 bekas Rp147 juta – Rp189 juta
  • Toyota Yaris 2016 bekas Rp153 juta – Rp190 juta
  • Toyota Yaris 2017 bekas Rp155 juta – Rp207 juta
  • Toyota Yaris 2018 bekas Rp170 juta – Rp246 juta
  • Toyota Yaris 2019 bekas Rp189 juta – Rp249 juta
  • Toyota Yaris 2020 bekas Rp195 juta – Rp262 juta
  • Toyota Yaris 2021 bekas Rp230 juta – Rp270 juta
  • Toyota Yaris 2022 bekas Rp243 juta – Rp275 juta

[ABP/Ses]

>>>>> Klik link ini untuk melihat harga mobil baru <<<<<



Berita Utama


Komentar

app-icon
app-icon
app-icon
Lihat Mobil Impian Anda di Aplikasi
Unduh Aplikasi Sekarang